Bagaimana mengisi angin pada shock breaker dengan pompa shock
Seperti gambar dibawah ini, adalah lubang angin untuk shock atau pentil shock breaker. Hubungkan slang pompa ke pentil lalu putar baut luar searah jarum jam pada baut slang pompa



Pemasangan seperti gambar dibawah ini. Sampai posisi baut mengencang, maka jarum pada meter pressure gauge akan naik. Angka pada pressure gauge menunjukan tekanan angin didalam shock.



Selesai mengisi angin atau mengatur ulang tekanan angin pada shock breaker. Tinggal melepas slang pompa dari shock. Dengan memutar ulang searah kebalikan jarum jam pada dan melepaskan slang pompa dari pentil shock. Bila tekanan terlalu besar, gunakan knop pressure release untuk mengeluarkan sebagian angin.

Apa yang perlu diperhatikan ketika mengisi angin untuk shock breaker angin :
  • Pentil untuk mengisi angin pada shock breaker sepeda selalu diberikan penutup, fungsinya untuk menghindari kotoran masuk pada mulut pentil. Jagalah kebersihan pada slang pompa dan mulut pentil shock. Jangan biarkan debu atau kotoran mengotori bagian silinder bagian dalam shock breaker.
  • Ketahui berapa tekanan yang dibutuhkan pada shock anda.
  • Pompa shock dapat digunakan untuk shock depan dan belakang.
  • Pompa shock umumnya digunakan ketika diperlukan saja. Sesuai kondisi, anda perlu memeriksa ulang tekanan shock breaker anda secara berkala. Apakah 2-3 bulan sekali, untuk memeriksa apakah tekanan angin pada shock telah berkurang.
  • Perhatikan juga tipe sistem suspensi shock anda, apakah memiliki pentil tunggal atau dual. Beberapa model shock produsen tertentu memiliki lubang pentil pada bagian atas dan bawah, untuk mendapatkan keseimbangan pada tekanan plus dan minus. Sedangkan model standar biasanya hanya memakai 1 pentil dibagian atas.

Berapa tekanan angin pada pompa shock yang dianjurkan. Informasi tersebut dapat dibaca dibawah ini

Mengukur tekanan shock breaker depan dengan PSI sag.