Manusia  di seluruh dunia berkembang lebih besar dalam 30 tahun terakhir ini. Mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan mencapai 2 kali lipat.
Ini adalah keajaiban obat modern, bahkan pingang manusia semakin lebar membuat tingginya kolesterol dan penyakit jantung meningkat berkat pil yang dimakan setiap hari.

Sementara itu data dari tahun 1980an, jumlah manusia yang mengalami obesitas hanya 5% untuk pria dan 8% untuk wanita. Naik ditahun 2008 menjadi 10% pria dan 14 persen wanita.  mengalami kelebihan berat badan. Sekitar 1.5 milyar penduduk dewasa mengalami kelebihan berat badan.

Amerika memiliki penduduk kegemukan paling banyak dibanding penduduk di negara maju lainnya. Jepang mendapatkan penduduk paling kurus. Berita kurang baik , penduduk di Asia yang menderita kegemukan terlihat meningkat

Para ahli menyebutkan, mereka yang sudah gemuk akan terus semakin gemuk. Membuat gelombang tsunami bagi penyakit jantung. Negara lain diluar Amerika yang memiliki lebar pingang besar adalah Amerika Latin, TImur Tengah dan Barat serta Afrika selatan.

Untuk mencegah penyakit jantung, kesehatan manusia harus menjauhi makanan bergaram tinggi dan makanan transfat.
Tetapi masalah yang mendasar ada pada kebiasan, manusia makan terlalu banyak.