Kegilaan petualang memang sulit dicatat. Banyak pesepeda melakukan tour untuk memecahkan rekor. Dari Inggris Vin Cox tercatat mengelilingi dunia hanya 163 hari, 6 jam 58 menit. Disusul oleh Henz Stucked Jerman, berhenti bekerja di tahun 1962 dan tidak pernah berhenti keliling dunia.Satu lagi Volodia Sorokin dari Bulgaria.
Volodia Sorokin sekarang berumur 58 tahun, keliling dunia selama 16 tahun, telah mengunjungi 64 negara di 5 benua, jalurnya 60 ribu km.

Yang baru dikabarkan Volodia Sorokin baru selesai menempuh 46 ribu mil di AMerika, berangkat dari Washington DC  turun ke selatan dan naik lagi ke California menuju Alaska.

Juneauempire.com sempat melakukan wawancara ketika dia sedang naik kapal feri dari Bellingham. Katanya nih, perjalanannya mau dilanjutkan sampai ke Bulgaria, pulang mudik dimana istrinya tinggal.
Siapa Volodia Sorokin, dia adalah videographer dari Bulgarian National Television dan meninggalkan pekerjaannya untuk dunia.
Lulusan Aerospace Rusia, menlanjutkan studi Sinematografi di Moskow. Menikah dengan Lilia Bulgaria. Memiliki putri dan tinggal Sofia sejak tahun 1980. 10 tahun bekerja sebagai direktor televisi Bulgaria. Tahun 1994 memulai perjalanan keliling dunia. Menghasilkan 2 buku, 16 film dan 2000 foto.

Awal perjalanan ketika dia sedang ngangur, dan terpikir untuk menulis buku dan film dokumenter. Membayangkan bila pergi tanpa uang tapi bisa kemana saja layaknya orang bebas. Perjalanan pertama dari Sofia ke Australia, butuh 1 tahun bermodal $350 dan pulang membawa uang $40 saja. Selama perjalanan banyak orang membantu dia, dunia memang cukup besar dan banyak orang baik memberi makanan.
Dia menulis buku "Untuk Australia $1. Selesai langsung berangkat lagi ke negara lain dari Eropa, Asia, Amerika Utara dan Afrika.
Volodia Sorokin juga mengatakan, ini adalah perjalanan saya yang terakhir.dan rencananya akan menetap. Kalau ada kesempatan, dia ingin pergi lagi keliling Canada dengan sepeda motor.

www.volodiasorokin.com









Foto perjalanan