Jalan jalan naik sepeda di Bandung. Bagaimana transportasinya, apa yang harus direncanakan, apa yang perlu diperhatikan. Khususnya mereka  yang tinggal Jakarta, ke kota Bandung hanya membutuhkan waktu 2 jam lebih melalui tol Padalarang. Situasi kota Bandung mungkin jauh lebih tertib dibanding lalulintas di Jakarta. Tetapi tetap saja arus lalulintas dikota itu menjadi padat pada jam tertentu, khususnya hari libur. Kalau tidak tahu jalan, kacau boo. Nyasar enga karuan dengan sepeda

Dahulu kala, ada wacana awal untuk pergi dengan kereta, atau mengunakan travel dari Jakarta ke Bandung. Bila dihitung biaya transportasi, paling hemat mengunakan mengunakan kendaraan pribadi. Walau persiapan sudah direncanakan dari awal, ternyata sampai disana melorot alias ngaret.  Apa saja yang perlu anda pikirkan sebelum bermain sepeda disana. Mungkin bukan main sepeda saja yang menarik, tapi belanja dan wisata kuliner.

Dibawah ini sebagian tantangan dari berangkat dan sampai ke kota Bandung, bisa menjadi referensi untuk mereka yang ingin jalan jalan naik sepeda di Bandung.

Dibawah ini sedikit berbagi pengalaman jalan jalan di kota Bandung dengan sepeda.

Salah. Main berangkat tanpa jadwal, rencana tidak pasti, pokoknya sampai disana jadi gampang. Kami berangkat jam 9 siang dari Jakarta dengan kendaraan pribadi. Perjalanan tidak lebih dari 3 jam Perkiraan waktu 5 jam cukup untuk keliling kota. Sampai kota Bandung sudah siang, rencana awal untuk jalan dahulu baru wisata kuliner. Jadwal dimajukan dengan acara makan siang. Waktu semakin terpotong karena terlambat.



Benar. Berangkat pagi ke kota Bandung paling ideal. Sampai disana langsung mencari parkir yang paling nyaman, bisa di hotel atau mall dan sesuai dengan lokasi belanja. Rencanakan rute yang akan dikunjungi sebelum berangkat. Pastikan semua di satu jalur dan jalan yang paling mudah. Jangan mundur maju mencari tempat belanja atau tempat makan, akan membuang waktu. Prioritaskan anda akan kemana saja dan baru lokasikan waktu bila melewati tempat belanja tertentu.

Buatlah beberapa alternatif rencana yang fleksibel. Waktu tidak akan cukup untuk mengunjungi semua tempat, jadi harus dibuat Prioritas. Kecuali anda mau menginap dan melanjutkan esok hari. Jangan malu bertanya.

Paling nyaman, bila ada teman yang tahu jalan dikota Bandung. Lalulintas kota Bandung memang unik, sebagian besar jalur kendaraan dibuat searah. Sebagian trotoar bisa dilintasi sepeda, sehabis hujan jalan relatif tidak terlalu becek.


Sesampai ditempat target, langsung masuk ke toko tujuan, jangan membuang waktu. Atur waktu kunjungan untuk berapa lama bila banyak tempat yang akan didatangi. Bawa kunci sepeda agar lebih tenang ketika makan dan belanja

Nongkrong di toko terlalu lama. Alamak Salah. Langsung targetkan apa yang anda inginkan, kecuali sekedar cuci mata.
Benar. Langsung lihat target belanja anda. Pilih dan cari ukuran, dan bungkus. Bila ada barang titipan, langsung hubungi atau di YM dan BBM-man untuk mengkonfirmasi barang yang dicari memang ada. Bila ada target yang menarik, langsung minta ukuran yang pas dan di coba. Terkadang barang yang bagus belum tentu ada di toko lain.

Bila jadwal semakin molor, cobalah mempersempit wilayah target belanja dan prioritaskan arah paling dekat. Ingat jadwal belanja paling lambat adalah jam 5 sore kecuali wisata kuliner. Prioritaskan apakah langsung memindahkan jadwal untuk mencari jajanan dan makanan atau melanjutkan belanja.

Membawa ransel kecil agar praktis Salah.
Bakalan ribet kalau membawa barang belanjaan banyak. Pilih ransel yang agak besar, untuk memasukan barang belanjaan anda. Bila tidak memiliki ransel besar, minta kantong yang bisa di ikat ke sepeda.

Jangan langsung pulang setelah jam bisnis selesai. Lanjutkan acara makan ke pinggir kota. Hal ini untuk menghindari macet di tengah kota dan perjalanan pulang. Waktu paling ideal kembali adalah jam 7 malam. Makan sore dulu sementara sebelum pulang.

Alternatif dari rencana
  • Bila ingin mengunakan kereta, anda harus membeli 2 tiket sekali jalan. Bila ingin mengunakan travel, coba konfirmasi dahulu.
  • Sebaiknya jalan bersama teman lain, minimum 3 orang, semakin ramai semakin enak. Tetapi jangan terlalu ramai, bisa pusing mengaturnya.
  • Jangan berspekulasi dengan cuaca, selalu membawa jas hujan dan pakaian ganti
  • Jangan terlambat makan, begitu ada tempat kuliner yang menjadi target, mampir saja.
Informasi diatas adalah pengalaman kami. Bila anda memiliki masukan, pengalaman berbeda, tempat untuk kuliner yang enak, jajanan, belanja (khususnya perlengkapan seped), boleh dong berbagi di kolom komentar dibawah.