Crank sepeda umumnya memiliki panjang 165mm. Tetapi beberapa orang tidak cocok dengan panjang crank standar. Khususnya mereka dengan tinggi badan diatas rata rata dengan kaki lebih panjang. Beberapa penguna sepeda mungkin merasa crank mereka terlalu pendek. Atau anda tertarik membeli crank sepeda dari teman. Coba perhatikan berapa ukuran crank tersebut, karena ukuran crank berbeda beda.

Umumnya Crank sepeda yang dijual mengikuti ukuran sepeda. Misalnya ukuran sepeda S mengunakan panjang crank 165mm, ukuran M mengunakan crank 170mm atau ukuran frame sepeda L akan dipasangkan crank 175mm.

Pabrikan sepeda langsung memasangkan ukuran crank tertentu dan mencocokan dengan ukuran frame sepeda.
Bila sepeda ukuran S akan terpasang crank dengan ukuran S, dan sepeda ukuran L akan diberikan panjang crank untuk L
Frame sepeda terkait dengan panjang crank dan panjang kaki pengendara.

Masalah akan terjadi ketika anda mencari crank second, menganti crank baru, melihat harga murah dan asal membeli atau melihat produk untuk menganti grup-set sepeda tanpa memperhatikan faktor tersebut.

Atau asal membeli crank di toko sepeda via online, dan tidak menanyakan atau tidak mengerti berapa ukuran crank yang anda butuhkan.
Asal ada stok murah, main beli saja, asal lihat harga murah langsung click bayar, atau sedang ada discount lalu anda lupa memperhatikan ukuran crank.
Bisa saja crank yang anda beli terlalu besar atau terlalu kecil.
Jadi mirip toko sepatu, setidaknya ketika anda membeli sepatu yang anda cari selain model adalah ukuran kaki anda.

Sebelum lebih lanjut berbicara Crank, ukuran tinggi badan dengan frame

Sepeda atau frame sepeda terbagi dari ukuran tinggi badan pengendara.

Produsen sepeda dapat merancang dari ukuran SS/ XS (Asia), S, M, L XL, XXL

Yang dimaksud SS / XS adalah super small atau XtraSmall, atau ukuran sepeda paling kecil. Biasanya diperuntukan bagi pengendara lebih pendek. Ukuran SS paling sulit dicari, karena sebagian besar dipasarkan di Asia.
S, M dan L ukuran paling umum dan tersedia di semua negara. Produsen membuat 3 ukuran tersebut.

XL lebih banyak dipasarkan untuk Eropa dan Amerika, karena tinggi pengendara disana relatif diatas 180cm



Bila anda menganti komponen sepeda, satu bagian yang berbeda selain Frame adalah ukuran panjang Crank, atau panjang lengan Arm Crank.

Ada cara menghitung panjang crank sesuai tinggi badan atau panjang kaki seperti informasi dibawah ini.

Mengapa panjang crank harus menyesuaikan panjang kaki. Mereka yang memiliki tinggi badan diatas rata rata, memerlukan ruang lebih besar ketika memutar pedal. Demikian juga sebaliknya, mereka yang memiliki kaki lebih pendek membutuhkan ukuran crank lebih kecil.

Posisi kaki akan lebih terangkat atau posisi lutut akan naik lebih tinggi dibanding orang yang lebih pendek bila memakai ukuran crank pendek. Demikian juga untuk mereka dengan panjang kaki lebih pendek, mengunakan crank salah ukuran, akan mendorong lutut terangkat lebih tinggi.

Efeknya seperti dibawah ini
  • Putaran tuas akan terasa cepat selesai, dan posisi lutut terlalu naik untuk mereka yang memiliki kaki panjang dengan crank pendek
  • Merasa aneh ketika mengayuh pedal, karena lingkaran putaran pedal tidak sesuai panjang kaki.
  • Merasa kurang nyaman, karena crank terlalu besar. Sulit memposisikan kaki dengan posisi duduk dari seatpost, walau sisi baiknya lebih nyaman untuk menanjak, kebalikannya crank kebesaran akan melelahkan kaki bagi orang yang lebih pendek.

Apa artinya panjang crank dan dimana posisi lengan crank

Pada gambar dibawah ini sebagai contoh, dari 2 model crank buatan Shimano Deore XT dan SRAM
  • Untuk Shimano gambar pertama, terdapat ukuran dengan "Crank Arm Lenght 160/170/175/180". Yang dimaksud adalah, crank buatan Shimano memiliki 4 model berbeda untuk ukuran crank.
  • Untuk SRAM sebagai contoh pada gambar kedua, terdapat ukuran 170, 175. Yang dimaksud untuk tipe Crank SRAM tersebut tersedia 2 model berbeda dengan panjang arm 170 dan 175.



Dampak panjang crank sepeda
Panjang crank yang tepat memberi kenyamanan.
Menghasilkan tenaga untuk mengayuh sepeda yang tepat.

Tapi ada pendapat, panjang crank yang lebih pendek membuat pengendara lebih nyaman dengan sepedanya.
Memberikan tekanan lebih lunak pada kaki. Merubah lingkaran putaran kaki lebih rendah berdampak dengan pergerakan sendi.

Jim Martin, associate professor di University of Utah di Amerika Serikat. Pengujian dengan orang lebih tinggi dan panjang lengan pedal antara 170-175 tidak banyak berdampak dengan tenaga atau memberikan tingkat efisien lebih tinggi.
Yang berdampak ketika panjang sudah berada di bawah 145mm.

Masalah power pada pedal. Dampak crank lebih panjang memudahkan sepeda menanjak. Tapi dapat di perbaiki dengan dengan perubahan rasio gigi sepeda.
Yang penting panjang crank yang tepat dan nyaman, khususnya pada bagian otot paha kita. Mengurangi rasa neyir atau mobilitas, termasuk bagian dasar sepeda lebih tinggi.
jadi ukuran panjang crank mungkin lebih baik dengan panjang yang lebih pendek dari ukuran seharusnya.

Lebih lanjut tentang panjang crank