Crank sepeda umumnya memiliki panjang 165mm. Tetapi beberapa orang tidak cocok dengan panjang crank standar. Khususnya mereka dengan tinggi badan diatas rata rata dengan kaki lebih panjang. Beberapa penguna sepeda mungkin merasa crank mereka terlalu pendek. Atau anda tertarik membeli crank sepeda dari teman. Coba perhatikan berapa ukuran crank tersebut, karena ukuran crank berbeda beda.

Umumnya Crank sepeda yang dijual mengikuti ukuran sepeda. Misalnya ukuran sepeda S mengunakan panjang crank 165mm, ukuran M mengunakan crank 170mm atau ukuran frame sepeda L akan dipasangkan crank 175mm. Pabrikan sepeda langsung memasangkan ukuran crank tertentu dan mencocokan dengan ukuran frame sepeda.
Masalah akan terjadi ketika anda mencari crank second, melihat harga murah dan asal membeli. Atau asal membeli crank di toko sepeda, dan tidak mengerti berapa ukuran crank yang anda butuhkan. Asal ada stok main jual saja, asal lihat harga murah langsun beli, atau sedang ada discount lalu anda lupa memperhatikan ukuran crank. Bisa saja crank yang anda beli terlalu besar atau terlalu kecil.

Ada cara menghitung panjang crank sesuai tinggi badan atau panjang kaki seperti informasi dibawah ini.
Mengapa panjang crank harus menyesuaikan panjang kaki. Mereka yang memiliki tinggi badan diatas rata rata, memerlukan ruang lebih besar ketika memutar pedal. Demikian juga sebaliknya, mereka yang memiliki kaki lebih pendek membutuhkan ukuran crank lebih kecil. Posisi kaki akan lebih terangkat atau posisi lutut akan naik lebih tinggi dibanding orang yang lebih pendek bila memakai ukuran crank pendek. Demikian juga untuk mereka dengan panjang kaki lebih pendek, mengunakan crank salah ukuran, akan mendorong lutut terangkat lebih tinggi.
Efeknya seperti dibawah ini
  • Putaran tuas akan terasa cepat selesai, dan posisi lutut terlalu naik untuk mereka yang memiliki kaki panjang dengan crank pendek
  • Merasa aneh ketika mengayuh pedal, karena lingkaran putaran pedal tidak sesuai.
  • Merasa kurang nyaman, karena crank terlalu besar. Sulit memposisikan kaki dengan posisi duduk dari seatpost.

Apa artinya panjang crank dan dimana posisi lengan crank

Pada gambar dibawah ini sebagai contoh, dari 2 model crank buatan Shimano Deore XT dan SRAM
  • Untuk Shimano gambar pertama, terdapat ukuran dengan "Crank Arm Lenght 160/170/175/180". Yang dimaksud adalah, crank buatan Shimano memiliki 4 model berbeda untuk ukuran crank.
  • Untuk SRAM gambar kedua, terdapat ukuran 170, 175. Yang dimaksud untuk tipe Crank SRAM tersebut tersedia 2 model berbeda dengan panjang arm 170 dan 175.