Hanya ada 1 ring gigi depan dan 1 dibelakang, sisanya diatur oleh gear tambahan dibawah sadel. Rancangan gigi sepeda baru buatan Zeroed G-1, besar kecil rasio gear dikendalikan dalam satu unit. Zeroed G-1 rancangan dari negara Selandia Baru. Sistem pengoperan gigi disebutkan lebih baik dibanding shifter konvensional sepeda gunung saat ini.

Alasan Zerode G-1 membuat internal gear untuk sepeda. Bagian rear derailleur sangat rentan, karena berada dibelakang. Tegangan rantai yang terganggu ketika sepeda melompat dan terus berguncang selama perjalanan dimedan tidak rata. Dengan rancangan Zeroed G-1 umur rantai lebih panjang, tidak ada suara berisik pada bagian gigi sepeda, dan tidak akan terganggu karena RD patah, gerakan rantai lebih stabil. Walau dirancang sangat baik, komponen ini bukan untuk sepeda biasa. Dirancang untuk gigi sepeda Downhill yang membutuhkan kestabilan sistem gigi, maklum saja rancangan sepeda menjadi lebih berat.

Gearbox ditempatkan di tengah frame sepeda, terhubung ke 1 shifter pada bagian handlebar. Masalah ketika tranfer energi dari paha ke pedal tidak akan terganggu lagi dengan Pedal Bobbing, dimana suspensi turun naik membuat tranfer energi menjadi tidak efisien karena diserap oleh suspensi.

Gearbox G-1 sementara ini dibuat hanya untuk sepeda buatan Zerode saja. Produk pertamanya sudah selesai dibuat bulan Februari. Bila dirancang menjadi satu sepeda, berat Zeroed G-1 mencapai 16.5kg, tetapi itu baru tipe prototipenya. Akan lebih ringan nantinya bila memakai komponen yang bagus. Zerode dengan frame, gearbox shifter , shock dan penahan rantai serta sprocket sudah dijual, harganya $3.600. Terlihat mahal, tetapi total sepeda ini menjadi murah setelah dirakit menjadi satu. Karena paketnya sudah termasuk paket drivetrain G-1 dengan 1 tuas gigi saja.

Rancangan G-1 dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Rantai melintang dari belakang ke tiang atas, sedangkan rantai dari crank naik keatas dan disatukan kedalam gearbox G-1