Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001.

Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan, namun menjadi provinsi sendiri bersama Banten dan Gorontalo pada tahun 2000. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 November 2000 yang terdiri dari Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkalpinang. Pada tahun 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003 dilakukan pemekaran wilayah dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatra Selatan



Provinsi Bangka Belitung mulai terkenal sejak diangkatnya Novel karya Andrea Hirata yang berjudul “Laskar Pelangi” kelayar lebar. Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.

Kesuksesan dari novel serta film Laskar Pelangi antara lain karena jalinan ceritanya yang begitu menarik, disertai latar belakang alam di pulau Belitung mulai membuka mata banyak orang; bahwa kecantikan pantai Belitung yang digambarkan dalam film ini benar-benar luar biasa dan patut untuk dikunjungi secara langsung.

Hal inilah yang antara lain membuat komunitas Sepeda Jelajah Nusantara membuat rencana untuk mengunjungi Bangka Belitung dengan tema Tour de Babel Island. Acara ini direncanakan berlangsung selama 4 hari full, mulai dari tanggal 14 Mei sampai dengan 17 Mei 2011 dan diberi judul Sepeda Jelajah Nusantara Serie Wisata 1.

Sebagai informasi tambahan, komunitas Sepeda Jelajah Nusantara ini didirikan sejak tahun 2004 lalu, dan mempunyai tujuan mulia yakni memperkenalkan wisata alam Indonesia yang indah dengan bersepeda. Komunitas Sepeda Jelajah Nusantara ini sudah mengadakan 10 serie dan telah mengunjungi daerah seluruh Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumatra dan Sulawesi. Seluruh track yang dijalani sebagian besar adalah track off road mulai klasifikasi ringan, sedang sampai berat.

Yang membedakan antara Seri 1 sampai dengan 10 dan Seri Wisata adalah medan penjelajahan bersepedanya. Khusus serie wisata ini sesuai dengan judulnya maka diperbolehkan membawa seluruh jenis sepeda, baik MTB, Seli, Road Bike. Tentunya panitia sudah memisahkan antara track untuk MTB dengan track untuk