Satu jalur sepeda gunung disebut RA Extension atau tambahan jalur sepeda Rindu Alam. Jalurnya cukup pendek, berada diantara trek sepeda Rindu Alam Klasik. Trek kecil ini relatif datar dan agak menurun. Bila perjalanan dengan sepeda di mulai dari warung mang Ade untuk rute jalur Rindu Alam. Setelah turunan pertama ada sebuah jalan single track bercabang, satu lurus dan satu lagi ke arah kiri. Yang ke kiri tersebut disebut RA Extension

Bila anda melewati jalan lurus, nantinya melewati jalur biasa dan bertemu dengan jalan di paralayang lalu berbelok ke kiri lagi untuk masuk ke jalur RA. Bila mengambil jalan ke arah kiri, jalan ini tidak melintas di paralayang lagi dan langsung menembus ke kebun teh kembali dengan titik pertemuan sebelum turunan curam makadam.

Seperti apa jalur RA Extension ini, jalur sepeda yang satu ini tidak ada tanjakan, lintasan tanah merah, realtif aman, tipe single track sebagai jalan memotong untuk menghindari jalur memutar di lintasan paralayang.

Medan RA Extension seperti gambar dibawah ini, relatif masih gembur karena baru dibuka bulan Mei 2011 lalu.

Satu tempat di sis kanan jurang terdapat satu titik dengan pemandangan mengarah ke gunung Salak dan puncak gunung Pangrango.

Ada beberapa rintangan di jalur RA Extension. Gambar dibawah pesepeda harus melewati terowongan dahan pohon. Dan gambar ke 2, dibeberapa gundukan tanah untuk melompat. Disebut jebakan betmen, hati hati saja kalau ngebut di jalur RA Extension.