Pendapat olahraga menjaga kondisi fisik seseorang sudah dibuktikan. Cerita umur panjang dengan olahraga sudah diterima sejak lama. Satu studi baru diterbitkan oleh Journal Sport Medicine memberikan bacaan menarik tentang olahraga sepeda dari kehidupan mantan atlit. Membedakan umur rata rata dengan para atlit sepeda. Apakah benar demikian.

Data Journal Sport Medicine berisi  umur para peserta Tour de France. Ternyata mereka memiliki umur lebih panjang, sampai 17% lebih lama tua dari umur masyarakat pada umumnya.
Ada 834 orang pembalap sepeda dari Perancis, Itali dan Belgia. Mereka adalah para atlit yang melakukan balap sepeda sejak tahun 1930 -1964. Dari data tersebut ditemukan rata rata mereka meninggal di usia 81.5 tahun. Sementara rata rata umur kehidupan masyarat hanya mencapai 73.5 tahun saja. Mungkin ada benarnya, umur panjang berhubungan dengan olahraga dan memiliki dampak positif.

Ada yang tidak dipelajari lebih dalam dari penelitian ini, karena hanya mengambil sampel objek dengan umur hidup para atlit. Mereka yang ingin lebih sehat bisa melakukan latihan sendiri, tanpa perlu menjadi seorang atlit. Atau mengikuti gaya hidup sehat seperti diet yang benar dan menjauhi alkohol.

Yang sudah pasti, kalau mau umur lebih panjang 5 tahun saja. Cukup dengan berkendara sepeda ;-)