Sebuah studi dari catatan selama 9 tahun, dimana data dikumpulkan dari mereka yang suka berolahraga dengan berjalan kaki. Setidaknya mereka melakukan olahraga sejauh 10-14km perminggu menghindari degradasi kesehatan dibanding mereka yang berdiam saja. Degradasi kesehatan manusia berjalan dengan usia. Semakin tua maka otak semakin mengecil. Mirip seperti buah yang dibiarkan di meja dapur, lama kelamaan akan menyusut. Untuk menghindari atau mempertahankannya, perlu dijaga dengan berolahraga.

Masyarakat Amerika mengenal bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di Amerika saja. Sebuah data disebutkan oleh universitas Pittsburgh School of Medicine, dari 1.900 responden ternyata hanya 1 orang saja yang memiliki kondisi jantung sehat.

Satu yang diungkapkan oleh Senior peneliti dan ahli jantung Steven Reis, MD University of Pittsburgh. Kondisi jantung terkait dengan beberapa faktor. Yaitu , tidak merokok, tidak memiliki berat berlebihan, olahraga, diet untuk kesehatan, menjaga tingkat kolesterol dibawah 200, tekanan darah antara 120/80, gula darah selama puasa berada antara angka 100.
Hampir 20% lebih terjadinya stroke dan 50% lebih dari serangan jantung , terkait dengan kondisi kadar kolesterol tinggi. Bila anda tidak mau terkena penyakit itu, sebaiknya mulai melakukan olahraga . Bisa diawali dengan olahraga paling sederhana yaitu berjalan. Latihan sederhana seperti berjalan dapat memperbaiki kondisi tubuh, dan memberi peluang seseorang menjadi lebih sehat serta mampu menangani stres.

Banyak alasan seseorang malas berolah raga. Misalnya saya sudah lelah bekerja atau saya tidak punya waktu. Dua alasan utama bagi seseorang malas berolahraga. Bagaimana bila anda berada diposisi seperti itu. Mudah saja. Cobalah anda berlatih berjalan selama 5 hari dalam seminggu atau 21 hari dari setiap bulan. Hanya sering berjalan saja, akan memperbaiki kondisi tubuh anda. Rubah kebiasaan hidup anda selama 21 hari setiap bulan, bermodal sepatu atau bahkan sandal saja sudah cukup.

Bila anda berhasil melakukan olahraga bagi diri anda, ajaklah anggota keluarga dan bantu teman anda yang mengalami masalah seperti anda sebelumnya. Sehingga semua orang semakin sehat, hidup semakin baik, dan menjauhi dari penyakit jantung. Sisi positif, otak kita tidak akan menciut lebih cepat sejalan usia.

Mencegah lebih baik, mempertahankan kebugaran ternyata sangat mudah, satu langkah mudah untuk sehat