Bila anda perokok, ketika bangun pagi yang anda ambil pertama kali adalah rokok...

... itu disebut kecanduan berat. Boleh dikatakan mereka yang harus merokok dipagi hari adalah perokok diatas rata rata yang biasa merokok. Hal itu menunjukan anda memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker.

Berita tersebut ditulis oleh Joshua E Muscat Ph.D (Doctor) dari universitas kesehatan Penn State.

Studinya seperti ini. 4776 perokok penderita kanker paru paru, dan 2835 perokok yang masih sehat. Ada 7611 orang menjadi sumber studi tersebut. Mereka yang bangun pagi dan kurang dari setengah jam sudah mengambil rokok memiliki 80% resiko terkena kanker. Dibandingkan perokok yang baru mengambil rokok 1 jam setelah bangun. Sedangkan mereka yang merokok 30-60 menit setelah bangun pagi, memiliki tingkat 30% terkena kanker paru paru.

Ada hasil studi ke 2 adalah bonus dari kaker leher dan tengorokan. Mereka yang merokok 30 menit setelah bangun tidur memiliki resiko 60%, 31-60 menit 40% dibanding mereka yang merokok setelah lewat dari 1 jam setelah bangun pagi.

Bila anda perokok, berusahalah untuk menghentikan atau mengurangi. Setidaknya bisa menahan diri untuk tidak merokok dipagi hari. Ketika anda bangun pagi dan anda mencari rokok, anda sudah berada di tingkat sangat kecanduan. Selama tidur, kadar nikotin terus menurun. Kondisi ketika bangun pagi maka kebutuhan mencari sumber nikotin kembali meningkat, dan rasa candu tersebut langsung memicu seseorang untuk kembali merokok di pagi hari.  ;-)