Berangkat kerja dengan sepeda, mungkin sulit untuk penduduk Amerika. Karena tempat tinggal dipinggir kota akan berhadapan dengan kemacetan yang panjang. Menurut penelitian dari Environmental Health Perspectives, jika 30 juta orang  di daerah kota dan pinggiran bisa menganti kendaraan dengan sepeda untuk jarak pendek. Dalam waktu 6 bulan dapat dihemat sekitar 7 milyar dollar untuk biaya kesehatan, menyelamatkan 1.100 orang lain dan mengurangi gas emisi sangat besar.

Setiap masyarakat perkotaan boleh belajar dari negara lain yang berhasil mengubah sistem transportasi mereka yang ramah lingkungan. Seperti kota sepeda di Kopenhagen dan Denmark. Kota Kopenhagen memiliki ambisi untuk meningkatkan 50% penguna sepeda sampai 2015.

Bersepeda dapat membantu untuk menurunkan berat badan, menurunkan polusi udara , tetapi yang terpenting adalah meningkatkan kualitas udara. Polusi udara menjadi ancaman bagi masyarakat pesepeda, karena paru paru mereka mendapatkan polusi 2.3x lebih besar dibanding orang berjalan kaki.

Apa dampak yang diberikan dari polusi akibat kendaraan di Amerika.
  • 90% orang Amerika bekerja dengan kendaraan bermotor, hanya 0.6% mengunakan sepeda. Sekitar 70% pengendara sebenarnya melakukan perjalanan jarak pendek dan dapat ditempuh dengan sepeda.
  • Polusi merusak kesehatan penduduk. 2 dari 1 penduduk Amerika menghirup polusi setiap hari. Memicu 15% dampak penyakit asma bagi mereka yang tinggal di tepi jalan raya. 50-90% sumber polusi disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Dampak bersepeda
  • Setiap orang yang rajin bersepeda, 1 tahun bisa menurunkan bobot 5kg lebih.
  • Hemat biaya dan menyelamatkan nyawa orang lain. Setidaknya 1.100 angka kematian akibat polusi dapat diperkecil. Biaya 3.8 milyar dollar lebih baik disimpan atau untuk biaya olahraga atau menekan angka kecelakaan lalulintas.
  • Sepeda memerlukan tempat lebih kecil, hemat ruang parkir, 1 tempat parkir dapat digunakan bagi 20 sepeda, 30 menit perhari dengan sepeda maka dapat menghemat biaya kesehatan $544 pertahunnya.
  • Penelitian MIT di Lyon Perancis mencatat kecepatan sepeda pada jam sibuk malah 50% lebih cepat dibanding kendaraan bermotor
Perbandingan penguna sepeda dengan jumlah penduduk