Ban Tubular mulai merambah pasar sepeda gunung. Awalnya ban Tubular memiliki pasar tersendiri bagi sepeda Road Bike dan Cyclecross, baru baru ini sebuah produsen wheelset menawarkan sistem Tubular bagi sepeda Cross Country (aka sepeda gunung). Apa perbedaan Tubular vs Clincher, apakah hanya harga saja, berat atau ada keunggulan lain untuk ban Tubular

Ban tipe Tubular sudah umum digunakan untuk sepeda balap atau sepeda Triathlon. Yang baru baru ini muncul, produk ban Tubular memungkinkan digunakan untuk ban sepeda gunung. Ban tubular memang berbeda dibanding ban biasa. Dari sisi velg / rim dan bentuk ban sendiri yang berfungsi sebagai ban luar dan ban dalam. Bila di gambarkan bentuk ban Tubular, mirip kebalikan dari ban Tubeless.

Seperti apa bentuk Tubular atau apakah ban Tubular. Untuk memberikan gambaran seperti dibawah ini
Untuk velg atau rim tubular memilii bentuk berbeda, tidak memiliki pengait ban luar. rancangan ban Tubular tidak memerlukan pengait seperti ban biasa / Clincher.



Dibawah ini bentuk RIM untuk ban Tubular vs Clincher. Gambar kiri Tubular Rim, memiliki cekungan seperti huruf U, tidak ada penahan / pengait untuk ban. Gambar kanan adalah Clincher Rim dengan penahan untuk ban luar seperti pengait.