Nikmatnya bersepeda gunung



Jumlah penggemar sepeda gunung di Indonesia semakin banyak  dari hari kehari. Mayoritas pemain sepeda gunung akan memanfaatkan  hari Sabtu, Minggu atau hari libur untuk bermain sepeda gunung atau lebih akrab disebut dengan MTB.

Dihari libur tersebut antara waktu setelah subuh sampai terbitnya matahari, akan terlihat banyak kendaraan pengangkut sepeda gunung bersliweran dijalan-jalan tol, jalan negara maupun jalan kabupaten untuk menuju “tempat bermain” sepeda gunung. Wajah-wajah sumringah disertai canda dan tawa pegowes itu menunjukkan betapa besar kehausan mereka untuk bisa segera menjelajahi alam dengan sepeda masing-masing..
Tempat bermain MTBpun mulai dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia mulai diekplorasi oleh para penjelajah bersepeda ini.

Uniknya lagi banyak pesepeda MTB ini tadinya menekuni olahraga lain tetapi akhirnya hijrah kesepeda setelah merasakan nikmatnya bermain sepeda gunung. Ada yang tadinya pegolf, pendaki gunung, penjelajah rimba, pemain bola dan banyak aktifitas lain yang akhirnya terjun ke sepeda dan membentuk komunitas sepeda gunung.


Ada yang berlatar belakang kesamaan kompleks tempat tinggal, ada yang kumpul berdasarkan teman kantor, teman sesama alumni perguruan tinggi, teman semasa SMA, berdasarkan merek dan type sepeda dan masih banyak lagi dasar pembentukan komunitas-komunitas sepeda gunung ini. Cepatnya informasi saat ini melalui Facebook, Tweeter dan Mailing Group turut membantu percepatan perkembangan jumlah anggota maupun jumlah komunitas sepeda gunung ini.



Persaudaraan MTB’ers dan program Cinta Lingkungan :
Setelah melihat perkembangan komunitas sepeda-sepeda gunung, akhirnya beberapa pesepeda senior dari komunitas Sepeda Jelajah Nusantara dan beberapa senior dari Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri “yang kebetulan juga pemain sepeda gunung” mempunyai ide untuk membuat satu acara. Acara ini ditujukan untuk menjalin keakraban dan semangat persaudaraan dari para penggemar MTB.



Jambore ini dilaksanakan sekaligus dengan peresmian Masigit – Kareumbi Bike Park yang diharap bisa menjadi salah satu tempat favorite untuk bersepeda di wilayah Jawa Barat.