Selama bertahun tahun produk dengan label Gore-Tex dijual sebagai produk premium. Ini marketing dari merek yang mengunakan atau mengambil bahan dari Gore-Tex. Beberapa produsen pakaian olahraga mengunakan bahan Gore-Tex. Menjamin bahwa bahan ini memang nyaman dipakai, dapat melepas keringat dari tubuh, tidak panas, tahan angin, tahan air tetapi dijual dengan harga premium.

Apakah tidak ada pesaing dari kain plastik Gore-Tex, apakah Gore-Tex memang begitu hebat, apakah tidak ada alternatif lain sehingga produk kain Gore-Tex tidak pernah tertandingi. Tidak heran sampai saat ini harga pakaian olahraga dengan label Gore-Tex dijual mahal.

Ternyata banyak produsen lain yang membuat, dianggap hampir menyamai teknologi Gore-Tex tersebut. Sejauh ini tidak ada test pasti tentang teknologi bahan kain plastik yang diuji. Kecuali dari sisi marketing yang asal saja menempatkan angka A+.

Ada baiknya melihat teknologi lain yang ditawarkan oleh produsen lain dibawah ini. Bila anda tertarik memiliki produk sejenis Gore-Tex, dibawah ini adalah beberapa produk dengan label dibawah ini yang bisa menjadi altenatif.

  1. Event -  hampir mirip dengan Gore-Text. Mengunakan bahan ePTFE (teflon) membran seperti Gore-Tex. Awalnya dikembangkan bagi group BHA, tetapi diakuisisi oleh GE Energy.
  2. Sympatex - Produk tahan air, tahan angin, dengan teknologi membran. Mengunakan bahan Polyther- Polyester Copolymer. Bahan yang digunakan berbeda dari Event dan Gore-Tex. Kelemahan dalam mengeluaran uap air pada tubuh, karena lebih menyerap keringat dan penguapan.
  3. Omni-Dry - Bahan plastik dari peralatan olahraga yang dimiliki oleh Columbia.
  4. NeoShell - Peaing utama dari Gore-tex. Dibuat oleh Polartec, disebutkan sebagai bahan paling nyaman saat ini.
  5. OutDry atau DryQ -  Teknologi kain yang dimiliki oleh produsen baju Mountain Hardware. OutDry memiliki cara kerja dengan keringat atau air yang menempel tidak diserap oleh bahan ini. Memiliki lisensi dari Ge eVent.
  6. HyVent - Adalah bahan yang dimiliki oleh North Face sendiri.
  7. H2No -  Dibuat oleh Patagonia, mengunakan bahan Polyester dan Poliuretan. Sehingga bahan kain plastik ini tahan air tetapi nyaman. Kabarnya kekuatan H2No lebih unggul dan tahan lama.
  8. MemBrain - Mirip seperti H2No, mengunakan bahan laminasi Polymer Polyurthane. Sayangnya kurang nyaman ketika dikenakan dibanding teknologi Gore-Tex, tetapi tahan terhadap air.