Goesbike - http://www.goesbike.com
cycling, climbing, travelling

By Dondy Sudjono
Published on 7 June 2012

Trek TW5 memiliki panjang 2.5km, melintas kebun teh lalu masuk ke hutan dibawah trek TW3. Medan di TW5 relatif mudah, cocok untuk mereka yang baru mencoba olahraga sepeda gunung. Lintasan dari titik atas kebawah, menurun sekitar 200 meter. Trek TW5 nantinya akan bertemu dengan trek TW3 yang lebih dulu ada.

Pintu Masuk TW5 , melalui jalur disamping TW3
Jalur sepeda gunung TW5 atau Telaga Warna 5 di Puncak sudah ada cukup lama dikenal. Jalur sepeda gunung ini relatif mudah, mungkin sangat baik sebagai jalur sepeda gunung pemula. Jaraknya hanya 2.5km-an, jalurnya menurun dan minim tanjakan. Ketinggian dari atas ke bawah sekitar 200m. Medan trek TW5 relatif bersih, landai, dan meniti jalan di pinggir lembah.

Jalur TW5 sebenarnya ada 2. Satu jalur pendek yang dilewati kali ini. Satu lagi melalui LIMASAN / Joglo Madura - Wonogiri dan TELAGA ASAT, jalur ini lebih seru karena bisa menikmati teh.

Dimana trek TW5 versi pendek.
Tepatnya berada disisi kiri TW3, untuk pintu masuk ke TW5 berada disamping persis jalan ke TW3. Gambarnya dibawah ini lintasan TW3 garis bawah sedangkan TW5 ditengah gambar

Lintasan kuning adalah jalur TW5, titik merah di kanan bawah gambar berada disamping trek TW3. Atau melewati jalan dari sisi kanan yang lebih panjang, lalu bertemu di pertigaan yang sama dibawah.

Untuk tepatnya bisa dilihat dari foto dibawah. Trek TW3 disisi paling kiri, sedangkan TW3 bisa masuk tepat disamping kiri berbaju kuning. Ada jalan turun tetapi tidak terlalu terlihat dari atas, jalannya memiliki ciri berbatu lalu berbelok ke kiri dan turus turun kebawah

Bila dilihat dari bawah , seperti gambar bawah adalah jalan pertama yang akan dilewati untuk masuk ke Telaga Warna 5.

Dari jalan berbatu, masuk kebun teh memotong jalan setepak dan turun terus menemui jalan yang cukup untuk kendaraan roda 4..

Pemandangan di kebun teh TW5 dan sebelum hutan
Setelah turun dari single track, jalan akan berbatu seperti ini

Setelah melewati jalan diatas, akan melihat pemandangan menarik di TW5 seperti foto panorama dibawah ini

Masuk hutan dan bertemu trek TW3
Setelah melintas jalan berbatu yang cukup dilewati kendaraan, nantinya akan bertemu jalur memotong kebun teh untuk menemukan jalan masuk ke hutan. Jalur tersebut berada disisi lembah atau dibawah kanan dari trek TW3.

Dari jalan kebun teh akan terus kebawah sampai bertemu jalan setapak tapal kuda. Di ujung jalan adalah jalur untuk masuk ke hutan cadangan TW3.
Tepat ditengah gambar nantinya pesepeda masuk ke hutan.

Medan trek TW5 di hutan seperti gambar dibawah ini. Relatif nyaman dan bersih untuk dikendarai, dan tidak banyak batu lepas.

Satu halang rintang di TW5 seperti dibawah, agak naik lalu turun karena jalan terhalang oleh akar pohon besar.

Sebelum keluar dari TW5 dan kembali ke trek TW3, ada satu sisi lagi untuk melihat pemandangan.
Trek TW5 hampir selesai, hanya beberapa puluh meter akan menemukan jalan menurun dan kembali ke trek TW3

Dibawah ini persimpangan antara TW3 dan TW5.

Yang menarik dari trek TW5. Jalur sepeda ini nyaman, pemandangan menarik baik dari sisi atas dan bawah. Bila kondisi berawan, pemandangan landscape akan lebih menarik lagi.
Kekurangan, pada pertigaan menuju hutan cadangan sulit terlihat, alat GPS atau perangkat Android dapat dimanfaatkan sebagai petunjuk arah. Jalur TW5 relatif pendek, hanya 2.5km. Selanjutnya trek ini menyatu kembali dengan trek TW3.

Melihat data GPS jalur sepeda gunung di Puncak bisa dilihat pada halaman dibawah