Mereka yang suka berpergian, baik berpetualangan atau sekedar jalan jalan, berwisata. Tentu anda ingin memiliki sebuah alat yang dapat dijadikan petunjuk jalan. Bisa memanfaatkan layanan Google Maps dan mengunakan perangkat smartphone. Bagaimana bila area yang anda kunjungi tidak terjangkau signal selular, atau anda tidak mau mengunakan koneksi internet di ponsel karena akan mengunakan bandwidth cukup besar.
Atau menyukai kegiatan di alam bebas, seperti bersepeda gunung, mendaki dan lainnya. Dan memanfaatkan teknologi navigasi dari perangkat navigasi jinjing. Tetapi alat navigasi jinjing atau handheld hanya memiliki peta sebatas dari si produsen. Peta yang ditampilkan sederhana, sebuah perangkat jinjing memang terbatas dikembangkan oleh produsen.

Mengapa tidak mengunakan peta Google Maps, atau Bing Maps yang lebih lengkap. Seperti kemampuan menampilkan peta kontur, jalan bahkan peta dari pencitraan satelit.

Apakah peta seperti layanan Google Maps bisa dimanfaatkan untuk kedua tujuan diatas. Tentu gambar GPS akan lebih baik, seperti pencitraan via satelit yang gambarnya terlihat seperti melihat dari atas benar benar nyata.

MyTrails sebuah aplikasi navigasi untuk smartphone memiliki fitur sebagai perangkat navigasi map online dan offline. Aplikasi MyTrails di Android benar benar bisa membuat peta offline dan disimpan ke dalam memory card. Sehingga tidak perlu mengunakan koneksi internet untuk mendownlod peta atau map

Fasilitas lain dari MyTrails memang berbeda dan memenuhi kebutuhan pengunanya. Mirip seperti Gaia GPS bisa mendownload peta terlebih dahulu. Tetapi MyTrail jauh lebih baik, memiliki manajemen file, karena dapat menyimpan peta di memory card berdasarkan directory atau nama, tipe dan jenis map. Bahkan memberikan beberapa alternatif layanan map seperti Bing, Google, MyTopo dan lainnya.


Secara fungsi tidak berbeda jauh dibanding aplikasi navigasi bagi Android. Tetapi lebih nyaman dipakai, fiturnya lebih dalam dan lebih bagus, khususnya bagi mereka yang suka berpergian atau berpetualang. Peta dapat di download terlebih dahulu sebelum berangkat, dan digunakan selama perjalanan.
Ada perbedaan dari MyTrail Pro dan Free. Ada baiknya mengunakan versi Pro, karena memiliki fitur lebih lengkap.
Download aplikasi dari Play.google.com
Ada 2 versi MyTrails Free - MyTrailLicense

  Free License
Multitrack No Yes
Offline Maps 100 unlimited
HUD No Yes
Pause detection No Yes
Upload Download No Yes
Screen lock No Yes
Full-screen trail map oriented with the built-in compass
OpenGL Rendering
Free online maps
Offline maps
Offline map creation
Premium maps
Record GPS tracks
Display multiple GPS tracks at once
Colorized tracks
Directions
Waypoints
Share and archive tracks
Gestures
Full tablet support
MyBackup Integration Support

Lanjut dengan pengunaan aplikasi MyTrails untuk Android