Fitur MyTrail seperti alat GPS portable, dapat merekam track, membuka file GPX untuk melihat jalur, mengirim lokasi keberadaan, mengukur jarak pada peta map dan lainnya.

Contoh tampilan map di MyTrails dibawah ini. Gambar kiri adalah tampilan GoogleMaps di MyTrails dengan gambar jalan, sedangkan gambar kanan dari GoogleMaps dengan kontur (terrain). Anda bisa mendownload kedua jenis map dan membuka salah satu model peta yang dibutuhkan.
Seperti dibawah ini. Map yang tersedia atau di sembuyikan bila tidak dipakai.
Saran untuk memudahkan pengunaan MyTrails.
Sebelum mengunakan MyTrails, sebaiknya pilih map apa yang akan dipakai. Dan sembunyikan atau dibuang bila tidak diperlukan.
Untuk membuang daftar map, cukup ditekan bagian tulisan jenis peta dan muncul beberapa pilihan, salah satunya untuk Delete.
Misalnya anda ingin menampilkan map Google ditambah terrain. Atau membuka map yang sudah anda download dan disimpan. Tinggal dipilih saja map apa yang akan anda gunakan
Gambar dibawah ini adalah pilihan map yang sudah dipilih, termasuk map yang sudah di download ke memory smartphone ikut ditampilkan. Untuk mengunakan tinggal memilih map apa yang diaktifkan.
Bagian paling menarik adalah fitur Download. Contoh gambar dibawah ketika mendownload peta dengan kontur dari GoogleMaps. Perhatikan ketika mengambil (download) file untuk map offline, ukurannya akan sangat besar bila area yang akan diambil terlalu banyak.
Bagaimana mendownload map offline.
Ada beberapa cara. Cukup membuka MyTrail dan pilih bagian Creat offline maps. Pilih dahulu jenis map yang akan di download seperti di bagian atas

Lalu ada beberapa pilihan
From Map - Akan mendownload peta yang tampil seukuran layar smartphone.
From Track - misalnya ada data GPX yang sudah disimpan, maka area sekitar track akan di downnload
From Waypoint - menentukan area map yang di download sesuai titik way point diberikan.

Dari pilihan yang tersedia, paling mudah dengan mengambil angka pilihan radius. Cukup geser posisi peta yang dituju untuk di download di layar smartphone Android. Dan perkirakan seberapa besar radius peta yang akan diambil. Maka peta akan di download melingkar dari titik tengah peta layar smartphone
Kedua dengan From Map, cukup memposisikan peta di layar smartphone. Peta yang diambil sesuai gambar yang ada di layar.

Perhatikan tingkat Zoom Level
Ada hal penting ketika membuat map offline. Pastikan tingkat zoom yang dibutuhkan. Semakin dalam zoom yang diambil, ukuran file yang disimpan semakin besar. Kecuali smartphone memiliki memory besar.
Zoom 1 untuk menampilkan peta keseluruhan. Sampai zoom 18 (maksimum) untuk melihat peta lebih detil.

Bila tidak membutuhkan detail, bisa diambil sampai tingkat zoom 16 keatas. Karena zoom 17 dan 18 membutuhkan storage memory smartphone lebih besar lagi.

Dan perhatikan tipe map yang diambil. Ukuran map yang disimpan akan lebih besar bila mengambil tipe peta dengan gambar seperti map dari Google satelit.

Selain melihat peta dan menentukan posisi keberadaan. MyTrail dapat berfungsi sebagai navigasi logger. Untuk mencatat pergerakan si pembawa smartphone.

Contoh pada gambar kanan, fitur Recording untuk membuat recording perjalan GPS. File disimpan dalam format GPX
Selama recording dapat dilihat berapa jarak yang sudah ditempuh. MyTrail dapat mengaktifkan / menonaktifkan recording pencatatan data GPS.

Contoh hasil perjalanan yang direkam. Dan bisa di simpan dalam format GPX


Informasi perjalanan yang disimpan dapat menunjukan waktu, jarak dan lainnya


MyTrail dapat me-load membaca beberapa file GPX ke satu tampilan aplikasi (versi Pro).

Contoh saja bila anda ingin memasukan beberapa track yang sudah disimpan di memory card.

Langkah untuk membuka / load file GPX ke smartphone

Copy file GPX dari computer atau download dari internet.
Pilih Track - Manage tracks - Load.
Dan pilih file GPX yang akan di tampilkan dari memory smartphone (gambar kanan)

Track yang telah di load, akan tampil seperti gambar kanan. Semua track ditampilkan bersamaan.
Fitur untuk load multiple GPX file menjadi salah satu keunggulan aplikasi MyTrails Android.



Selanjutnya lebih detail dengan MyTrail