Ceritanya praktis saja. TPI singkatan dari threads per inch, atau angka TPI adalah ketebalan rajutan ban. Arti TPI rendah atau kecil, diartikan produsen mengunakan benang yang tebal. Membuat ban dengan TPI rendah akan lebih kaku. Sedangkan TPI tinggi mengunakan benang tipis serta lebih halus, membuat ban lebih lentur dan ringan. Pengertian TPI adalah jumlah rajutan benang yang dipakai sebuah ban, dan digunakan sebagai ukuran TPI pada ban.

Teori dari perbedaan TPI ban sepeda

TPI lebih kecil atau TPI lebih rendah membuat ban lebih tahan lama. Kekurangannya adalah kekakuan ban lebih besar.
TPI lebih besar atau TPI tinggi membuat ban lebih ringan dan lentur. Tetapi daya tahannya lebih rendah dibanding TPI rendah.

Bila digambarkan angka TPI seperti ini. Ban TPI besar (angka tinggi) maka rajutan benang lebih banyak, tetapi benangnya lebih halus. Sedang ban TPI kecil (TPI rendah) mengunakan benang lebih besar dan jumlah kerapatannya benang menjadi lebih kecil.

Kelebihan TPI dan fungsi pada ban.

Ban dengan TPI tinggi (misalnya 100TPI) biasanya memiliki high rooling lebih baik. Contoh sepeda Roadbike umumnya mengunakan TPI tinggi/besar dengan tekanan angin tinggi.  Michelin mengunakan 110 TPI untuk band roadbike tipe Pro3 Race. Ban dengan TPI tinggi umumnya lebih lentur. dan memiliki keunggulan ketika berbelok.

Ban dengan TPI kecil atau rendah (misalnya TPI 30). Lebih kaku, lebih kuat karena benangnya lebih tebal, dan lebih berat. Umumnya dibuat untuk ban sepeda segala medan, dari XC dengan ketebalan 60 TPI. Lebih rendah lagi seperti ban Downhill malah mengunakan angkat 33 TPI karena kebutuhan untuk kekuatan ban.
Secara umum, keunggulan ban dengan TPI rendah lebih kuat terhadap benturan dan tahan lama.



Mengapa ban dengan TPI besar umumnya memiliki bobot lebih ringan sedangkan TPI kecil malah lebih berat

Gampang saja, ban dengan TPI besar memiliki rajutan benang lebih rapat untuk kekuatan ban. Sehingga bagian karet yang membentuk ban tidak banyak dipakai. Komponen benang lebih mendominasi bagian ban sehingga ban lebih ringan

Ban dengan TPI kecil memiliki rajutan benang lebih besar dan kurang rapat. Komponen karet yang membentuk ban harus lebih banyak. Sehingga ban lebih berat karena bahan karet yang dipakai lebih besar.

Keterangan diatas sebagai ukuran rata rata berat ban dan TPI, tetapi tidak bisa dijadikan patokan. Persepsi yang salah adalah TPI bukan angka patokan kehandalan sebuah ban. Tergantung kebutuhannya untuk apa dan disain dari produsen sudah menentukan fungsi dan peruntukannya.

Pada gambar dibawah ini dari ilustrasi pabrik Michelin. Posisi angka TPI menunjukan pelapis rajutan benang ban dibagian tengah.



Sampai disini sudah jelas bahwa TPI adalah angka dari benang pembentuk ban. TPI mewakili jumlah benang yang dirajut pada sebuah ban. Apakah dampak angka dari TPI, apakah mempengaruhi performa ban sepeda. Tidak juga, tergantung dari pemakaian dan disain ban itu sendiri serta faktor lainnya seperti medan jalan, berat pengendara dan lainnya.