Teknologi membedakan masing masing produsen dalam konstruksi ban dengan TPI.

Teknologi produsen ban memiliki perbedaan tersendiri, dan tidak terkait dengan kemampuan ban dengan angka TPI.
Pabrik Vittoria memiliki TPI tertinggi dalam industri ban roadbike atau commuter. Mereka memiliki produk ban dengan 320 TPI, tetapi membuat ban lain dengan 26 TPI untuk ban sepeda biasa.

Rata rata, teknologi ban yang dibuat Vittoria berada di antara 120TPI. Tetapi ukuran 100 TPI tidak memiliki patokan yang jelas.

Vittoria adalah produsen ban high end untuk roadbike, membuat ban paling ringan untuk kecepatan. Ban Vittoria dengan TPI besar umumnya dirancang khusus dengan fungsi untuk race.

Michelin Amerika menawarkan ban dengan 33 TPI dari tipe ban pemula. 60TPI untuk ban tipe menengah, sampai 127 TPI di ban high end seperti Roadbike. Untuk memperkuat ban, digunakan beberapa bahan seperti teknologi silica. Michelin mengatakan tidak masalah ban dengan teknologi dual Compound dalam kemampuan mencengkram walau ban walau dibuat lebih kaku.


Ban Maxxis memiliki single dan dual layer / lapis. Ada yang mengunakan bahan Nylon, Kevlar dan beberapa standar pelindung ban seperti MaxxProtect dan Kevlar Inside.

Salah satu ban sepeda ringan buatan Maxxis seperti MaxxLite 285 dengan 170 TPI. Beratnya hanya 285g dengan teknologi ONE70/Silkworm.

Model Maxxis High Roller mengunakan 60 dan 120 TPI dengan berat antara 500-700g.  Model 120 TPI umumnya dibuat dengan 2 lapis compound. Kelemahan dari Ukuran TPI besar lebih lemah dibanding TPI lebih kecil, dan harus ditutupi dengan teknologi lain untuk melindungi ban.


Schwalbe umumnya memproduksi ban antara 50, 67 dan 120 TPI. Ban Schwalbe mengunakan beberapa teknologi seperti Double-Defense atau SmartGuard untuk daya tahan ban. Triple Compound digunakan untuk kondisi medan paling ekstrim. Dibawahnya mengunakan teknologi Big Betty yang menawarkan kekuatan ban lebih baik dengan pelindung permukaan 2 lapis.



Jangan lupa banyak produsen ban mengunakan benang dan bahan ban berbeda beda. Tidak mutlak ban dengan TPI rendah lebih kuat dari TPI tinggi.
Produsen ban ada yang membuat beberapa lapis (disebut Ply) untuk mempertahankan kemampuan dengan TPI tinggi. Dan bahan yang dipakai sudah mengunakan bahan Kevlar yang kuat. Tentunya harga akan berbicara, ringan, kuat tetapi mahal. Murah, kuat, mungkin relatif lebih berat.

Apakah memilih ban dengan TPI rendah atau tinggi, ringan atau berat.

Spesifikasi dan kemampuan ban dapat dilihat dari masing masing produsen, karena teknologi dan bahan yang dipakai berbeda beda. Untuk rata rata TPI ban sepeda gunung mengunakan angka 60 TPI, karena memberikan keseimbangan antara rendahnya gesekan ban dengan permukaan jalan, dan manfaat dari kemampuan untuk daya tahan menghadapi benturan.

Angka TPI jangan dijadikan gimmick. Seperti biasa pembeli akan melihat angka lebih besar akan lebih baik. Mungkin pada ban akan di nilai lebih kuat.

Ban dengan TPI tinggi bukan berarti lebih rentan dibanding ban TPI rendah. Produsen akan menjelaskan mengapa ban mereka dirancang dengan TPI tinggi dan pemakaiannya untuk apa saja. Hal tersebut yang perlu diketahui oleh pembeli, sebaiknya membaca masing masing peruntukan dari model ban yang disediakan.

Untuk penguna tidak perlu pusing dengan angka TPI, cukup melihat kebutuhan dan spesifikasi ban yang diberikan dari produsen. Ban yang mahal dengan TPI tinggi belum berarti lebih bagus, dan ban yang murah belum tentu lebih kuat dari ban mahal.

Bila tidak mau mengambil resiko di kemudian hari. Bisa memilih TPI rendah atau sedang untuk pemakaian biasa. Mungkin agak kurang pede mengunakan ban biasa saja. Tetapi anda tidak perlu pusing dengan ban yang robek atau ban dalam yang rusak karena snakebite selama perjalanan.

Bila mengunakan ban tipe TPI tinggi seperti ban untuk race untuk pemakaian sehari hari, percayalah anda tidak akan jauh lebih cepat dari teman yang lain. Yang pasti ban tersebut bisa  membuat repot rekan rekan lainnya.


Ban dengan jumlah TPI tinggi akan lebih lentur.
Membuat bobot ban lebih ringan
Produsen lebih mudah merancang bahan dengan TPI yang ditentukan, seperti kekakuan ban. Tapi dibutuhkan pekerjaan ekstra selama proses produksi
Ban lebih lentur dapat mengikuti tapak jalur yang tidak rata, dan mencengkram lebih baik.
Produsen dapat membuat ban dengan TPI tinggi yang lebih lentur dan mengigit lebih kuat ke tanah.
Tapi dapat mengurangi daya tahan
Tidak mudah bergilir
Dibutuhkan bahan tambahan.
TPI 170 pada ban roadbike ditujukan pembalap profesional.

Ban dengan angka TPI rendah.
Memiliki disan ban yang tidak selentur TPI tinggi, karena bahan karet yang digunakan lebih banyak dan bobot ban lebih berat.
Ban dengan TPI rendah juga lebih kaku.
Daya tahan lebih kuat
Lebih mudah bergulir.

Semoga informasi tentang TPI dapat bermanfaat.
N. informasi TPI diambil dari berbagai sumber