Goesbike - http://www.goesbike.com
Serangan jantung atlit dan remaja bisa terjadi
http://www.goesbike.com/articles/2151/1/Serangan-jantung-atlit-dan-remaja-bisa-terjadi.html
Ebet Sangkilawang
Ebet Sangkilawang.
Telecom Industry
Contributor.
 
By Ebet Sangkilawang
Published on 16 February 2018
 
Kabarnya Patrick Avery meningal karna terjatuh dari sepeda. Charlie Craig terkena serangan jantung 2018 walau usia 15 tahun

2012

Patrick Avery adalah pembalap berbakat asal Selandia Baru. Awal bulan Desember ini kabarnya dia meninggal. Dia adalah atlit MTB XC serta mahasiswa teknik.

Pernah memenangnakn NZ XC MTB U17, NZ MTB 2010 dan menjadi bagian dari tim Selandia Baru MTB.

Kabarnya Patrick Avery meningal karna terjatuh dari sepeda. Ada kabar bahwa kemungkinan dia mengalami gagal jantung, tetapi berita ini belum dikonfirmasi kembali.



 + Rotoruadailypost NZ

2018
Bintang pembalap sepeda Charlie Craig dikabarkan meninggal akibat serangan jantung Januari 2018.

Walau usianya baru 15 tahun, tetapi dia tidak mengalami masalah kesehatan selama berolahraga.

Serangan jantung terjadi di rumahnya, ketika Craig sedang tertidur di rumah Hayfield Derbyshire.

Profesor Sanjay Sharma ahli jantung dari institusi olahraga Inggris mengatakan. Dia memperkirakan jantung Craig mengalami kerusakan.

Disebabka serangan jantung cukup lama, karena tingginya adrenalin dan menyebabkan jaringan parut sampai akhirnya jantung berhenti berdetak.

Sanjay menambahkan, kejadian serangan jantung mendadak menyebabkan kematian setidaknya dari 600 orang dimana mereka memiliki usia 35 tahun atau lebih mudah.

Tidak ada tanda tanda olahragawan ini memiliki masalah jantung bawaan. Tetapi serangan jantung dapat terjadi walau usia remaja seperti 15 tahun. Walau hal ini tidak biasa walau kondisi arteri terlihat normal.

Kejadian serangan jantung Craig diawali setelah dia seharian di sekolah tanpa terlihat gejala sampai malam hari. Dan pergi tidur dan mengalami serangan jantung.
Hanya saja data histori keluarga, pihak rumah sakit memiliki catatan berbeda. Craig dan saudaranya Tom pernah dirujuk ke rumah sakit Stepping Hill di Stockport Februari 2015 untuk pemeriksaan jantung. Ditemukan kelainan pada jantung ayahnya ditangani, tetapi Craig ditangguhkan sampai dia dewasa.

Craig sendiri memiliki gelar juara sepeda Cyclocross untuk kelas dibawah 16 tahun pada tahun 2016. Dia berada di urutan kedua kejuaraan nasional Cyclocross Inggris.




Bisa anda bayangkan seorang pembalap profesional yang begitu sehat bisa meninggal karena serangan jantung. Jadi berhati hati saja, bersepeda bukan berarti tanpa resiko. Khususnya mereka yang tidak mengerti dengan kondisi kesehatan dan tidak bisa mengendalikan dirinya. Terlalu memaksakan diri untuk sebuah ego akan berakibat fatal.