Ketika kecil banyak penduduk China mengunakan transportasi dengan sepeda. Sekarang mereka sudah sukses, bahkan banyak yang sangat sukses dibidang ekonomi. Masyarakat China lebih tertarik membeli sepeda mahal dibanding masyarakat biasa. Untuk apa sepeda itu, katanya untuk nostalgia.

Negara China merupakan pasar terbesar bagi industri mobil, termasuk mobil mahal. Sepeda tidak luput dari pasar dikalangan penduduk yang mampu. Penjualanya naik 10% pertahun, menjadi simbol bagi para eksekutif kaya.

Yu Yiqun 40 tahun seorang direktur kreatif perusahaan iklan di China, memiliki sepeda buatan tangan Alex Moulton seharga $16.000. Mungkin dia satu satunya yang memiliki sepeda itu di kota Beijing. Tetapi Yu Yiqun masih memiliki 35 sepeda high end lainnya. Beberapa sepeda unik yang dimiliki seperti Trek, Bianchi dan Colnago. Dia dan istrinya memiliki 2 mobil dirumah, tetapi dia tidak bisa mengemudi kecuali bersepeda. Saya memilih mengunakan sepeda untuk perjalan bisnis jarak dekat kata Yu. Mengunakan 2 tipe sepeda, satu sepeda lipat untuk mudah dibawa berkeliling kota dan sepeda lebih besar kalau pergi ke pegunungan

Saya ingat ketika saya naik sepeda ke kota di musim dingin, sejauh 40km dengan suhu minus 30 derajat. Saya mengunakan sepeda untuk sarana transportasi yang dulu menjadi impian saya untuk pergi jauh. Hemat dan hanya memerlukan otot saja, katanya.
Yu melambangkan budaya masyarakat kaya di China yang sadar dengan kesehatan. Mereka mau meningkatkan gaya hidup mereka dengan sepeda, dan meninggalkan kendaraan mereka untuk sementara waktu. Tapi tetap saja kendaraan mereka tidak murah, karena seharga satu mobil.

Satu perusahaan berbasis di Hongkong mengirim 1000 sepeda. Pesanan dari perusahaan keuangan di China yang katanya  untuk karyawan sebagai bonus. Satu sepeda seharga $480, tetapi tidak disebutkan perusahaan apa yang membeli banyak sepeda seperti itu.

Seorang periset dari perusahaan Fubonasal Taiwan Terry Liu mengatakan. Sepeda bukan alat transportasi saja, tetapi telah menjadi mode. Sepeda mahal yang dibeli bukan merek biasa, tetapi edisi terbatas. Harganya antara $38.700 perunit. Harga tersebut untuk sepeda buatan Italia seperti Colnago atau buatan Perancis Look. Harganya 100x lebih mahal dari merek Flying Pigeon (itu loh sepeda buatan China yang ada gambar burung merak).

Untuk pengusaha atau karyawan yang sukses, tidak ada batas harga untuk membeli sepeda terbaik walau mahal. Zhang Lei seorang direktur pemasuk kertas bahkan menghabiskan 1800 dollar untuk menguprade sepedanya.

+ Reuters