Menurut data penduduk di Amerika, mereka yang merokok memiliki umur 10 tahun lebih pendek dari yang tidak merokok. Bila ingin berhenti merokok, berusahalah sebelum umur 40 tahun. Peneliti mengatakan harapan hidup akan sama seperti seperti hilangnya umur yang tidak merokok.

Berita ini dikabarkan oleh Dr Prabhat Jho kepala peneliti kesehatan umum dari rumah sakit St Michael dan seorang profesor kesehatan publik universitas Toronto. Mereka mengatakan sangat aman bagi perokok yang berhenti merokok sebelum mencapai umur 40 tahun. Walau resiko memiliki umur pendek tetap ada bagi mantan perokok. Tetapi resikonya lebih kecil dibanding mereka yang terus merokok. Berita tersebut diberitakan oleh New england Hournal Medicine.

Tim Dr Jha menemukan mereka yang berhentik meroko di usia 35-55 tahun dapat menambah umurnya 9 tahun lagi. Bila berhenti di umur 45-54 tahun akan mendapat tambahan 6 tahun, sedangkan yang terus merokok dan berhenti di umur 55-64 tahun hanya mendapat tambahan 4 tahun.

Bagaimana dengan wanita, hasilnya tidak berbeda. Wanita yang merokok lama seperti pria maka umurnya akan sama seperti usia pria. Setidaknya perokok akan kehilangan 10 tahun usia hidup.