Dibawah ini perbedaan jaket kabel bagian luar. Kiri adalah jaket kabel shifter, bentuknya seperti serabut. Kanan adalah jaket kabel rem dengan bentuk ulir.


Contoh kabel shifter dan rem sepeda dari Campagnolo, gambar pertama adalah kabel shifter dan gambar dibawahnya adalah kabel rem


Biasanya kabel rem dan shifter di sepeda harus menyeberang di antara frame, atau bagian kabel menyeberang ke rangka frame sepeda, jaket kabel harus di tutup dengan cap plastik agar bagian kabel pada jaket luar tidak mudah terurai.
Gambar dibawah terdapat 3 kabel. Pada gambar kabel kanan dan tengah adalah kabel shifter diberikan penutup ketika keluar dari jaket.





Gambar dibawah ini adalah cap atau tutup kabel yang harus dipasang di setiap ujung jaket kabel shifter dan rem. Umumnya memiliki ukuran 4mm. Untuk metal mengunakan ukuran 5mm.



Pemasangan kabel shifter dan rem.
Bila anda ingin memasang sendiri atau meminta bantuan teknisi untuk pemansangan kabel rem dan shifter baru, sebaiknya mengoleskan dahulu bagian kabel dengan gemuk sebelum dipasang. Pemotongan kabel yang terlalu panjang  baru dilakukan pada akhir pemasangan setelah semua kabel terpasang dengan baik

Demikian penjelasan perbedaan pemasangan dan perbedaan kabel shifter dengan kabel rem untuk sepeda.

Note, gambar diambil dari berbagai nara sumber