Mundur sedikit tentang jantung. Berapa resting heart rate atau detak jantung normal ketika berisitirahat atau dalam kondisi santai. Dari Mayo Clinic mengatakan denyut jantung manusia antara 60-100 permenit. Angka tersebut untuk hitungan normal, terngantung kondisi dari seseorang.

Ketika denyut jantung lebih rendah ketika beristirahat menunjukan fungsi jantung yang efisien dan kondisi kebugaran kardiovaskulra yang baik. Contoh seorang atlit yang terlatih mampu memiliki denyut jantung normal sampai 40 kali permenit.

Untuk mengukur denyut jantung dalam kondisi Resting (denyut jantung santai), tempelkan ke 2 jari pada nadi tangan. Lalu lihat waktu pada jam dengan durasi 15 detik. Jumlah hitungan detak jantung selama 15 detik dikalikan 4 untuk mendapatkan total 1 menit.

Apa yang mempengaruhi tinggi rendahnya denyut jantung seseorang. Denyut jantung dipengaruhi oleh kegiatan seseorang, tingkat kebugaran, suhu udara, posisi tubuh (apakah sedang tidur atau berdiri), emosi, ukuran tubuh dan obat yang dimakan.

Denyut jantung menjadi masalah bila kondisi resting mencapai 100 kali secara kontinue, walau anda tidak melakukan apapun. Atau anda bukan olahragawan, tetapi denyut jantung dibawah 60 kali permenit. Bila mendapatkan angka seperti itu, ada baiknya memeriksa ke dokter, khususnya anda sering mengalami hal seperti pingsan, pusing atau sesak napas.