Spaero Sport ALU dan Deep Black memiliki disain yang sama (gambar tengah dan kanan). Hanya berbeda bodi, ALU mengunakan bahan aluminium dan Sport Deep Black dengan plastik ringan. Untuk Deep Black memiliki body pompa lebih besar (gambar kiri) dan lebih cocok untuk pengisian ban besar seperti ban MTB



Sebesar apa ukuran pompa model SKS Spaero sport. Dibawah ini perbandingan dengan lebar SDcard.



Semua paket Spaero sudah menyediakan holder untuk gantungan di frame sepeda. Paket sudah menyediakan komponen baut untuk pegangan holder, disediakan dengan baut lebih panjang. dan holder bisa disisipkan diantara tempat botol air di frame sepeda. Bila anda membeli pompa ini, semua perlengkapan sudah tersedia.



Posisi holder dimana bagian pompa ditahan dengan pengait dengan karet.




Bagian paling menarik dari teknologi SKS Spaero dengan hose screw.
Disain pompa sepeda umumnya mengunakan sistem jepit (clamp) yang ditarik dengan tuas untuk mengunci lubang valve.
SKS Spaero berbeda dengan mengunakan thread atau ulir. Bagian valve dihubungkan ke ujung slang pompa lalu kepala pompa diputar seperti memutar baut. Sistem pemasangan ketiga pompa tersebut menjadi lebih mudah. Ketika memasang valve pompa ke valve ban, tidak banyak angin yang keluar. Mirip seperti sistem pompa fork angin yang mengunakan sistem ulir.


Spaero Sport Alu dan Sport Deep Black memiliki tread pompa seperti gambar dibawah ini. Gambar pertama adalah mulut pompa yang menghubungkan ke lubang angin di ban, gambar kedua adalah thread untuk memutar pompa.



Sedikit dengan SKS Spaero Deep Black untuk ban MTB. Memiliki 2 katup Schrader (pentil besar) dan Presta (pentil kecil). Posisi lubang pompa ada 2 buah, dan pemasangannya sama seperti model Spaero Sport ALU dan Deep Black. Cukup di dorong bagian mulut pompa dan diputar. Perlahan mulut pompa akan turun dan mengunci. SKS menyebut sistem Twist Lock, salah satu lubang pompa akan terkunci agar angin mengarah ke lubang yang dipakai.


Gambar lebih detail pemasangan pompa tipe Spaero Sport. Bagian kunci valve ban dibuka, dimasukan ke mulut pompa, lalu diputar sambil sedikit di dorong. Dan mulut pompa perlahan akan turun mengunci. Setelah mulut pompa sudah kencang, selanjutnya memompa ban seperti biasa.
Untuk melepas mulut pompa dilakukan sebaliknya, dengan memutar thread atau baut pompa ke arah sebaliknya. Dan mulut pompa dapat dilepas kembali.



Apa keuntungan dari teknologi mounting pompa SKS.
Kita berbicara lebih banyak dengan sepeda gunung. Spaero Sport misalnya ditujukan untuk ban tekanan tinggi seperti road bike. Tetapi pompa ini dapat digunakan untuk sepeda gunung yang membutuhkan volume angin lebih besar. Ketika kita berkendara sepeda gunung di medan tidak rata seperti makadam. Biasanya tekanan ban mengunakan tekanan antara 2-2,5 bar. Tujuannya membantu meredam guncangan di sepeda. Setelah melewati jalur tersebut, ban yang kurang angin akan terasa mengayun dan lebih berat di kayu.
Disinilah kita bisa memanfaatkan pompa kecil ini untuk mengisi ban kembali ke tekanan lebih besar. Tinggal memutar mulut pompa, lalu memasukan angin kedalam ban. Tuas pompa lebih ringan, tidak seperti pompa berkualitas rendah lainnya. Pemasangan pompa ke pentil ban juga lebih mudah. Dan ukuran pompa lebih kecil dengan berat antara 100g saja.

Result

Pesepeda umumnya membawa 3 tool seperti kunci, pompa dan ban. Ban sepeda bocor ditengah jalan bisa terjadi kapan saja sehingga diperlukan peralatan seperti pompa ban dan ban dalam cadangan.
Tetapi pompa anda bermasalah ketika digunakan. Bagian yang sering rusak biasanya pada bagian katup atau mulut penjepit pompa. Karena beberapa kali dibuka tutup, biasanya bagian ini suka longgar bahkan kendor. Mungkin kerusakan terjadi dibagian karet dan tuas yang aus atau patah dibagian tuas karena umur pemakaian. SKS Spaero meminimalkan terjadinya kerusakan pada mulut pompa. Karena disain mulut pompa mengunakan sistem thread yang diputar.

Hal lain yang menarik adalah selang pompa. Mungkin kita pernah mengalami ban bocor lalu memompa ban ditengah jalan. Bagian paling paling melelahkan ketika mendorong tuas pompa yang berat dengan satu tangan, sedangkan tangan lain bertugas untuk menahan badan pompa. Praktis hanya satu tangan yang bekerja. Dengan disain tambahan selang , kedua tangan dapat membantu sehingga pengisian angin pada ban lebih ringan.

Mana yang lebih baik

Spaero Sport ALU dan Sport Deep Black - untuk Presta Valve (MTB / RoadBike)
  • Kedua pompa sepeda paling kecil, lebih ringan, pressure tinggi sampai 115 PSI.
  • Bisa digunakan untuk pompa ban MTB dan Roadbike
  • Walau volume udara yang dimasukan lebih kecil, pompa ini lebih ringan di dorong karena dirancang untuk tekanan tinggi.
  • Membutuhkan waktu pengisian lebih lama untuk ban MTB karena volume angin yang lebih besar
  • Dalam pemakaian, Spaero Sport tidak melelahkan tangan ketika mengisi ban.
Spaero Deep Black - untuk Presta dan Schrader Valve (MTB)
  • Memiliki volume angin besar dan cepat untuk pengisian ban
  • Maksimum pressure 73 PSI , dirancang untuk ban sepeda MTB
  • Dukungan 2 model valve yang fleksibel
  • Disain Twist Lock yang unik, tanpa perlu melakukan switch. Otomatis lubang valve yang tidak terpakai akan mengunci ke satu lubang valve
  • Untuk disain bagus dan memperoleh 2 penghargaan. Tetapi fungsi pemakaian membutuhkan lebih banyak tenaga, karena tipe pompa high volume relatif lebih berat.

Model apa yang lebih baik. Tergantung anda, bila memiliki tangan yang kuat untuk mempompa ban MTB. Maka pilihlah Spaero Deep Black karena lebih menghemat waktu. Untuk sepeda Roadbike dapat memilih ukuran pompa lebih kecil dengan tekanan angin lebih besar dari Spaero Sport Alu atau Sport Deep Black

Website SKS Germany


Dibawah ini demo pengunaan pompa SKS Spaero