Ekspor sepeda listrik dari China meningkat sejak Januari - Oktober 2012 lalu, naik 6,5%. Perlahan tapi pasti, produsen sepeda listrik disana akan memanfaatkan baterai lithium lebih banyak.

Kebanyakan sepeda listrik dari China di ekspor ke Eropa. Dalam kurun waktu diatas sudah mencapai 560 ribu unit mengunakan baterai lithium. Tahun lalu relatif lebih rendah dengan 526.000 unit. 60 ribu sepeda listrik di kirim ke Belanda, disusul Amerika dan Jerman 50 ribu unit.

Dari seluruh ekspor sepeda di China tahun 2011, 30 juta unit adalah tipe sepeda listrik. Dan 2,5% sudah mengunakan baterai lithium. Naik 62,5% dibanding data tahun 2010. 350 ribu unit dijual di dalam negeri dan 400 ribu di ekspor terutama ke Eropa dengan Jerman dan Belanda.

Tianjin pabrik terbesar sepeda listrik di China sudah membuat 9,35 juta sepeda listri. 300 ribu unit mengunakan baterai lithium. Diperkirakan pengunaan baterai lithium dari China akan mencapai 20-30% sepeda listrik pada tahun 2015 nanti.

Produsen sepeda listrik lainnnya dari China di pegang oleh Aima, Yadea, Xinri dan Lvyuan. Dan pemain lainnya mencapai 200 perusahaan yang memproduksi sepeda listrik lebih kecil.

Tahun 2005 pabrik Tianjin Meilixing adalah satu satunya produsen sepeda listrik dengan baterai lihtium. Tahun 2011 pabrik Geoby menjadi produsen sepeda listrik nomor satu di China dengan pasar 60 ribu unit pertahun. Disampin merek lain seperti Giant, Cosbike, Kexun, XDS, Meilixing, Active, Rununion, Battle dan Furi.

Bagaimana dengan pabrik perancang baterai lithium sendiri. Di China sangat banyak mencapai 393 perusahaan baterai lithium. 276 pabrik di China daratan, 59 perusahaan di Hongkong dan Macao. Dan perusahaan lain asal Taiwan serta asing berinvestasi disana.

1 Juni 2013 nanti, pemerintah China menerapkan standar yang mengatur ukuran dan rancangan dari sepeda listrik dengan baterai lithium. Tujuannya untuk meningkatkan kompatibel baterai, dan keamanan baterai. Termasuk rancangan dari tegangan, ukuran, metode instalasi, dan pemakain jenis port.

Pabrik sepeda listrik di China tidak hanya memproduksi sepeda murah. Tianjin misalnya mengkhususkan produk high end sampai 25-30% produk mereka. Dan dukungan dari perusahaan Eropa seperti Yadea dengan Bosch untuk mengabungkan sistem kontrooler dan produk baterai.