Lepas dari disain sepeda 29er, 650b dan 26 inch. Kali ini tidak membahas standar frame sepeda. Hanya informasi tambahan untuk mengenal jenis velg / rim dan wheelset sepeda gunung dengan ukuran lebar ban saja
Sekedar tip tambahan antara ukuran velg / Rim / wheelset dengan ukuran ban. Ban sepeda gunung dibuat dalam berbagai tipe dan ukuran. 

Untuk tipe ban memang berdasarkan jenis medan. Umumnya ban dibedakan dari ban lumpur dengan gigi lebih besar dan menonjol, All Mountain dengan gigi ban lebih rapat dan permukaan ban lebih kasar, walau masih dibagi lagi antara ban enduro dan trail. Terakhir untuk XC yang umumnya memiliki gigi paling rapat, halus. Tipe lain seperti ban khusus race (perlombaan) yang dibuat ringan dan tipis.

Secara umum ukuran ban sepeda gunung dari :
  • Ban komuter atau sepeda untuk jalan raya dan kasar antara 1 3/8 inch sampai 1.75 inch
  • Ban XC dimulai dari 1,8 inch sampai 2,1 inch.
  • Ban All Mountain antara 1.9 inch sampai 2.3 inch
  • Ukuran lebih besar digunakan untuk ban downhill.
  • Ban model baru sampai ukuran 4 inch untuk sepeda Big Fat.

Bagi mereka yang kurang mendapatkan informasi tentang ban, akan melihat ukuran ban sepeda gunung berdasarakan lebar lingkaran roda. Masalah timbul setelah ketika mencoba memasang ban yang lebih lebar. Apakah roda sepeda bisa menerima ban ukuran lebih besar atau lebih kecil.
Contoh membeli sepeda tipe Cross Country (XC). Lalu tertarik melakukan upgrade ke ukuran ban lebih besar. Atau memiliki mempertimbangkan membeli wheelset bagus, mungkin suatu hari akan digunakan untuk ban ukuran besar.



Informasi dari produsen komponen sepeda sudah diberikan, tetapi kita kurang mengetahui arti keterangan tersebut.


Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan
  • Lihat spesifikasi ukuran RIM atau Wheelset. Informasi sudah tersedia dari data pabrikan, berapa lebar minimum dan maksimum lebar ban yang disarankan untuk model rim / velg
  • Lihat juga merek dan tipe ban apa yang akan dipakai nantinya.
  • Perhatikan juga maksimum lebar ban yang bisa masuk frame sepeda.
Pabrikan sepeda yang baik akan memberikan informasi yang jelas. Sebagai contoh Mavic produsen Rim dari Perancis memberikan data dibagian bawah keterangan setiap produk.
Mavic XC 717 disarankan mengunakan ukuran lebar ban dari 1 inch sampai 2.1 inch
Mavic EX 325  disarankan mengunakan ukuran lebar ban dari 2.3 sampai 3 inch.
Keterangan (pada garis hijau) diberikan di website produk Mavic. Sayangnya informasi ini tidak terbaca jelas, seperti tidak mencamtukam keterangan Inch, dan hanya tertulis 2.3 to 3.0. Bagi yang awan mungkin tidak terlalu mengetahui apa arti angka tersebut.




Produk lainnya dari Shimano, merek ini memiliki model wheelset di setiap tipe groupset. Shimano Deore misalnya mengunakan nama model wheelset MT15, demikian juga model wheelset XT.

Keterangan dibawah adalah tipe wheelset Deore MT15, direkomendasikan untuk lebar ban 1.5 inch sampai 2.25 saja



Sedangkan tipe XT direkomendasikan untuk lebar ban diatas 1,95 sampai 2,5 inch. Jadi spesifikasi wheelset Deore berbeda peruntukannya dengan wheelset Shimano XT




Demikian juga dengan produk Crank Brother. Crank Brother Cobal 3 memiliki rentang 1,9 sampai 2,3 inch, diperuntukan medan XC.
Tetapi untuk Iodine 2 hanya diperuntukan ukuran ban besar dari 2,3 sampai 2,5 inch.
Jangan melihat spesifikasi yang canggih saja, dan baru sadar bahwa wheelset yang di inginkan adalah tipe AM dan diperuntukan bagi ban besar.
Keterangan masing masing wheelset tertera dibagian bawah.





Informasi diatas dari tipe wheelset perlu diketahui ketika membeli wheelset untuk sepeda gunung. Karena disain wheelset yang dibuat berbeda beda, baik kemampuan dan kekuatan serta pemakaian ukuran ban.