Dari Geax produsen ban sepeda, Ken Avery ekarang menjabat sebagai manajer Geax. Dan mendisain serta pengembangan produk dari prototipe sampai menjadi produk jadi.

Salah satu pengalaman Avery adalah tekanan ban sepeda.
Avery mengatakan untuk ban dengan fast rolling atau cepat bergulir adalah ban XC. Dengan tekanan ban yang tepat maka ban dapat melakukan tugasnya dengan baik.
Berbeda dengan pengendara DH, membutuhkan ban yang mencengkram medan lebih kuat. Ban DH umumnya memiliki tekanan lebih rendah agar menapak lebih lebar di permukaan tanah, agar tidak terlalu meleset keluar lintasan.

Sebuah ban di rancang dengan tujuan khusus. Jumlah tapak atau knob dan tebalnya berbeda beda, casing ban juga berbeda dan bahan atau compound sebagai kelenturan ban.
Tekanan angin hal yang penting, bila kurang baik maka ban tidak optimal.
Dan sisi lain seperti berat pengendara, pengunaan, medan lintasan dan cara berkendara.
Pada dasarnya tekanan ban berhubungan dengan disan sebuah ban dan pengendara.


Tekanan angin pada ban sepeda harus optimal agar meningkatkan traksi. Bila over pressure atau tekanan ban sepeda terlalu tinggi, maka ban akan memantul dan menurunkan traksi. Ban dengan tekanan angin lebih besar mampu membuat kecepatan gilir lebih baik. Lalu mengapa tidak semua pengendara melakukan hal itu, karena ada alasan lain.

Ketika ban diberikan tekanan terlalu besar, maka ban akan menjadi kaku (rigid). Fungsi ban sebagai suspensi akan hilang. Tekanan ban yang tepat akan menambah suspensi pada sepeda.
Ban dengan tekanan terlalu tinggi membuat kondisi understeer, ditambah permukaan ban lebih lemah mencengkram jalan. Pengereman menjadi lebih sulit dan menambah tingkat kelelahan pengendara.
Ban dengan tekanan 125psi saja masih dirancang dengan kelenturan tertentu untuk meningkatkan performa ban.

Bagaimana dengan tekanan ban lebih rendah.
Banyak pengendara memiliki ide untuk menurunkan tekanan angin pada ban. Tujuannya untuk meningkatkan suspensi dan meredam getaran pada roda, dan lebih mengigit di jalan.
Tetapi tidak harus terlalu rendah. Tekanan angin harus tepat tidak boleh terlalu kurang dan tetap menjaga ban terikat di pelek roda. Bila ban kekurangan angin, anda tidak pernah tahu kapan ban anda akan keluar dari rim.
Dampak pada pelek juga kurang baik, memungkinan benturan keras bisa terjadi.
Untuk ban dengan ban dalam, kemungkinan besar memuci snake bit.

Dampak lebar pelek
Apakah pelek ban mempengaruhi profil ban, itu benar. Pelek lebih lebar akan membuat ban berbentuk persegi. Dan pelek yang lebih kecil (sempit) akan terlihat ban seperti bulat. Ini mempengaruhi kemampuan sebuah ban.

Ban dengan bentuk persegi akan membentuk sisi luar lebih turun menonjol di sisi samping ban. Dan lebih mengigit ketika berbelok. Kebalikan untuk ban bulat. Untuk kestabilan ban dengan pelek lebar lebih stabil

Trik dari Avery mengatakan, mereka yang mengunakan velg lebih sempit bisa menurunkan tekanan ban agar efeknya sama seperti pelek lebar. Tetapi tetap kalah stabil dengan ban yang membentuk sudut persegi.


Teliti sekarang, memudahkan di kemudian hari. Kesimpulan

Sekarang kita tahu bisa mengetahui ada perbedaan dari disain sebuah wheelset, rim dengan ukuran lebar ban yang bisa dipakai. Walau parameter dari pabrik tidak harus di ikuti dengan marking "rekomendasi". Ada baiknya mengikuti sesuai anjuran dari pabrikan.
Bagi rekan yang ingin membeli wheelset atau rim sepeda gunung. Informasi pada artikel ini dapat memberikan informasi tambaha, apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk membeli sebuah komponen sepeda.

  • Untuk investasi kedepan, bila ada kemungkinan untuk mengunakan wheelset sepeda bagi ban besar. Sebaiknya memilih rim sekelas sepeda All Mountain. Alasannya, rata rata rim untuk XC dibuat lebih kecil untuk ban kecil
  • Dampak memasang ban luar dengan lebar rim memberikan perbedaan posisi bentuk ban. Rim dengan lebar lebih kecil akan membentuk ban lebih bulat dan menurunkan performa pada ban sepeda gunung ukuran besar.
  • Mengunakan rim dengan lebar lebih besar seperti rim sepeda All Mountain, tidak memberikan dampak signifikan bila dipasang pada ban XC.
  • Rim dan wheelset untuk All Mountain relatif lebih mahal tapi lebih kuat

Membeli komponen sepeda memang rumit, diperlukan pengalaman atau setidaknya pendapat dari orang lain yang lebih berpengalaman