Apa perbedaan kekuatan cahaya yang dihitung dari Candela Lumen dan Lux. Candela disamakan cahaya lilin, semakin besar angka Candela semakin kuat cahaya menyebar.

Lumen dihitung kekuatan dari total sumber cahaya. Dan tidak menghitung intensitas lain, hanya di sumber cahayanya saja dengan perubahan arah cahaya yang mengarah ke satu arah. Apakah nantinya lampu akan berbentuk spot beam sehingga terlihat lebih terang, atau menyebar akan terlihat tidak terlalu terang. Tetap angka yang dipakai adalah lumen sebagai angka kecerahan cahaya.

Sedangkan Lux umumnya sebagai standar lampu rumah. Menghitung penyebaran penerangan dari sebuah cahaya lampu. Tetapi dihitung dengan tingkat rata rata sinar paling kuat, dan tidak memasukan cahaya rendah yang bias. Lux lebih mudah digunakan sebagai hasil akhir yang diberikan cahaya lampu. Bukan dilihat dari kekuatan cahaya dari titik sinar lampu.

Bila lampu dinilai 1000 lumen, hasil cahaya diartikan dari sumber lampu dengan kekuatan 1000 lumen ke satu titik paling terang.

Dibawah ini gambaran dari perhitungan Candela vs Lumen dan Lux.



Contoh dibawah ini. Lampu 100 Lumen dengan sinar menyebar memberikan cahaya 100 lux. Dengan cahaya yang sama dan sinar di beam, menghasilkan 1000 lux. Lux adalah intensitas cahaya yang terjadi dan terlihat lebih terang pada pantulan benda. Sedangkan Lumen adalah sumber kekuatan dari cahaya lampu.



Kebalikannya dibawah ini, bila spot lampu dengan jarak 1 meter akan menghasilkan 1 lux. Setelah lampu mengarah lebih jauh dan cahaya memantul ke sebuah benda dengan jarak 4 meter. Maka cahaya lampu akan redup, dah Lux lebih rendah.







Dibawah ini untuk menghitung persamaan dari Lux Candela dan Lumen dalam satu unit.