Beberapa mitos yang menyalahkan makanan dengan kondisi berat badan dan kesehatan. Walau seseorang mulai menurunkan konsumsi makanan, bukan berarti dia tidak akan gemuk. Beberapa alasan singkat dibawah ini.



Makan tidak membuat anda gemuk, tapi anda yang tidak seimbang.

Ketika makan berlemak itu tidak membuat anda gemuk. Bila ingin berat badan seimbang, diet sehat dan makan seimbang. Bila berat badan naik, bakar dengan gerakan seperti lebih aktif dan berolahraga.
Lemak terjadi karena asupan dan tidak terjadi keseimbangan energi. Anda mengambil kalori terlalu banyak, tapi tidak banyak bergerak dari apa yang anda makan. Lemak hanyalah dampak sumber kalori yang terkonsentrasi (terkumpul dalam tubuh menjadi lemak)

Menghindari makan terlalu banyak karena sering lapar, coba dengan kacang kacangan, biji bijian dan alpukat. Karena menu ini membuat kita merasa kenyang lebih lama. Makan kentang goreng tidak membuat anda kenyang, karena mereka tidak memiliki nutrisi lebih baik.
Lemak tidak membuat anda gemuk kecuali anda makan terlalu banyak. Intinya, badan terlalu banyak mengkonsumsi dibanding output energi yang dimakan.

Karbohidrat membuat kita gemuk

Bila makan makanan berlemak tidak membuat kita gemuk, apakah karbohidrat membuat kita gemuk. Makanan dengan karbohidrat saat ini mulai disalahkan menjadi penyebab orang gemuk. Dr Nadolsky menjelaskan dengan konsumsi karbohidrat sehat tidak akan bermasalah bagi berat badan.

Katanya gula dari karbohidrat dapat berubah menjadi lemak. Tapi itu tidak efektif, yang disalahkan adalah orang yang tidak mau berolahraga yang menyebabkan mereka menjadi lebih gemuk. Dr Stewart mengatakan anti karbohidrat janganm sampai menghilangkan makanan sehat seperti roti atau pasta dari gandum. Intinya seperti diatas, makan terlalu banyak dan kurang bergerak menjadikan diri anda gemuk.

Olahraga pada bagian tertentu akan menghilangkan lemak yang dituju

Ada yang beragapan bila melalukan sit-up maka lemak di perut akan lebih banyak hilang.  Sayangnya tidak seperti itu. Dr Stewart mengatakan lemak akan hilang merata di seluruh bagian tubuh. Caranya lebih efektif melakukan aerobik atau latihan olahraga kardiovaskular. Bila satu bagian mengalami kekurangan lemak, maka bagian lain akan menutupnya. Pria dan wanita memiliki bagian lemak yang membandel, khususnya bagian paha dan pinggul. Bagian ini adalah bagian terakhir yang akan pergi.

Jadi tidak ada gunanya menghilangkan sebagian lemak, karena bagian lain akan mengisi kembali ke area tersebut. Yang tepat berolahraga secara rutin untuk menurunkan berat badan.

Penyedap rasa / MSG berbahaya bagi tubuh

Monosodium glutamate disalahkan oleh sebagian kalangan diet karena menambah citra rasa makanan sampai sakit kepala. Tapi menurut Dr Nadolsky , MSG belum tentu seperti itu. Hanya mereka yang sensitif terhadap MSG akan mengalami masalah. Sampai saat ini belum diketahui alasan. Jumlah sedikit tidak masalah, kecuali mereka yang alergi terhadap MSG.

Harus Pup 2x sehari agar sehat.

Menurut Dr Stewart masing masing orang memiliki metabolisme berbeda, dan kebutuhan pup juga berbeda. Tidak ada jadwal yang tepat bila seseorang harus ke WC 2x sehari. Asupan makanan yang menentukan berapa lama harus pup ke WC. Bila anda tidak bisa pup setiap hari, tidak perlu khawatir selama anda measa nyaman.

Masalah makanan di masak di oven microwave

Microwave memang merusak nutrisi ketika memanaskan makanan, tapi tidak lebih besar dibanding kerusakan di masak dengan pemanas lain. Memasak dengan microwave memiliki dampak kerusakan nutrisi lebih kecil dibanding memasak dengan pemanas kompor yang lebih lama. Untuk memanaskan makanan di microwave umumnya memerlukan waktu lebih singkat, artinya nutrisi makan yang rusak menjadi lebih sedikit.