Mungkin jalur yang dilewati menjadi jalur terberat bagi pesepeda. Tour d'Afrique menempuh jaraknya 12 ribu km dan dimulai pada tanggal 10 Januari 2014. Dari kota Sudan Khartoum menuju Afrika Selatan Cape Town. Setiap pesepeda rata rata akan menempuh selama 12 jam setiap hari.

Umur peserta yang ikut dari 20 tahun paling muda dan 73 tahun tertua, mereka berasal dari 13 negara berbeda. McMillan 73 tahun sebagai pensiunan agen real estate dan ibu dari 5 anak di Kanada. Beragabung dalam putaran pertama pada tahun 2003 lalu. Awalnya dimulai pada tahun 2002, dia melihat sebuah iklan Tour d'Afrique dan bertanya apakah saya mampu melakukan. Sekarang dia sudah ikut lagi untuk yang ke empa kalinya.

The Tour d' Afrique Foundation adalah badan amal yang bekerja sama dengan beberapa kelompok masyarakat di Afrika. Mereka memberikan sumbangan seperti sepeda untuk mahasiswa dan beberapa petugas kesehatan. Di Zambie misalnya seorang mahasiswa dibantu dengan sepeda. Sebelumnya Christabel Mushe seorang mahasiswa berumur 19 tahun harus berjalan sejauh 6 km lebih untuk kesekolah.

Roy Kagna 60 tahun sebagai petugas kesehatan, dia sekarang lebih banyak menangani pasien. Antara 10-15 orang setiap hari. Jauh lebih banyak pasien yang dibantu dengan sepeda.

Star di kota Khartoum



Dibawah ini foto dari acara tahun 2013 lalu.

Mesir Kairo



Kalimanjaro



Gurun Sudan



Tanzania dengan jalur lumpur





Tanjakan Blue Nile Gorge Ethiopia.





Kenya Naerobi