Faktor dari dalam dan snakebite

Snake bite atau lubang sangat kecil yang membuat ban bocor bisa terjadi karena beberapa hal . Kebocoran terjadi biasanya terjadi karena ban sepeda mengalami benturan yang keras. Walaupun efeknya tidak selalu sama atau terjadi ketika anda sedang berkendara. Terkadang anda sudah pulang, ketika dirumah anda menemukan ban sepeda anda sudah kempes. Dibawah ini beberapa kejadian yang dikumpulkan dan dapat menyebabkan ban sepeda bocor dan terjadinya snake bite.

Masalah rim atau velg sepeda yang kurang baik atau kurang pelindung

Bisa jadi penyebab ban anda mengalami snake bite. Lubang kecil bisa terjadi di beberapa posisi.
Biasanya lubang kecil muncul dekat lubang pentil ban sepeda atau dinding rim sepeda
Untuk "Snake Bite"  umumnya sering terjadi karena ban mengalami benturan yang keras.
Hal lain terjadi pada sela lubang rim / velg jeruji sepeda. Walaupun rim sepeda anda sudah terlihat mengunakan rim tape dari pabrikan. Tetapi bisa saja mutu dari rim tape yang digunakan kurang berkualitas atau rim tape anda bergeser. Kejadian ban bocor umumnya banyak terjadi pada sisi bagian pentil sepeda. Walau hal ini tidak mutlak, bisa saja terjadi akibat gesekan dari ban dalam sepeda ke rim tape. Bagi mereka yang awam, biasanya mengabaikan masalah ini dan menganggap hal biasa.

Kejadian ban bocor menjadi hal rutin dan mulai terus berulang terjadi, sampai akhirnya sadar ada masalah pada rim anda.
Bila anda sering mengalami snake bite dengan posisi lubang yang menghadap atau kontak dengan rim anda. Cobalah menganti rim tape anda dengan mutu lebih baik. Seperti produk dibawah ini dari beberapa produsen ban juga mengeluarkan rim tape berkualitas bagi sepeda MTB.