Masalah tekanan ban.

Hal ini juga sering menyebabkan ban bocor dengan lubang yang sangat kecil. Biasanya terjadi ketika anda sedang berkendara di medan berat dan ban kempes atau setelahnya itu ban kempes ditempat berbeda. Bisanya ban menghantam dengan keras dapat membuat ban dalam bocor.
Ada anggapan bahwa ban dalam dapat terhindar dari bocor dengan menurunkan tekanan ban. Ternyata hal itu terbalik, tekanan ban yang rendah malah memungkinkan terjadinya snakebite.
Tekanan ban dalam yang rendah, membuat posisi tube lebih mudah bergeser dan terjadi perengangan pada lapisan ban dalam.
Tekanan ban dalam yang cukup tinggi, mampu mempertahankan lapisan ban dalam. Dan terhindar dari perengangan yang berlebihan.
Untuk mengindari terjadinya kebocoran gunakan tekanan ban yang tepat. Tekanan ban yang rendah memang membuat suspensi tambahan pada ban, sehingga sepeda lebih empuk. Tetapi pengendara harus bersiap menghadapi ban bocor.

Tekanan ban terlalu tinggi dapat merusak ban
Itu yang terjadi bila tekanan ban melebihi batas yang ditentukan. Kemungkinan benang ban luar akan rusak secara perlahan. Seperti gambar dibawah ini, nilon kecil akan keluar dari ban, dan tajam sehingga bisa menebus ban dalam. Lubang yang dibuat sangat kecil, biasanya ban akan kempes dalam 2 atau 3 hari.

Ukuran benang terlihat sangat kecil dan hanya bisa diperiksa secara hati hati diraba dengan tangan.




Berapa tekanan ban yang baik
Sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak terlalu kuat tetapi tidak terlalu rendah. Perlu menyesuaikan kondisi medan dengan tekanan ban anda. Bila tekanan ban rendah bisa menyebabkan ban mudah bocor. Tekanan ban terlalu tinggi bisa membuat ban tidak stabil di medan licin. Pilihlah tekanan ban yang tepat untuk anda