Mengunakan earphone atau headphone untuk mendengarkan musik dengan bersepeda, bukan ide yang baik. Tidak beda buruknya dibanding mendengarkan musik dan bernyanyi bersama sama didalam kendaraan yang sedang bergerak.

Dari The Times melaporkan akan dimulai kampanye peringatan agar pengendara sepeda tidak mengunakan earphone atau headphone. ketika bersepeda.
Saat ini di Inggris sedang dilanda kebiasaan baru, dimana pengendara sepeda suka mendengarkan music dari iPod. Masalahnya mulai jatuh korban dan pengendara sepeda juga melukai para pejalan kaki.
Salah satu kasus ditahun 2007, seorang pengendara sepeda meninggal karena tertabrak mobil. Dia sedang mendengarkan musik sambil bersepeda. Hal lain seorang anak perempuan umur 6 tahun harus mengalami patah kaki akibat ditabrak pengendara sepeda di bulan Juni 2009.

Mendengar musik sambil bersepeda menjadi berbahaya, karena salah indera manusia dihalangi. Sedangkan seorang pengendara sepeda haruslah memanfaatkan 2 indera penting seperti melihat dan mendengar.

Belum ada larangan resmi bagi pengendara sepeda untuk membawa iPod atau player mereka sambil berkendara sepeda di Inggris. Tetapi bila terbukti bersalah karena dapat membahayakan orang lain  akan didenda sampai £ 2,500.