Mengenai geometri sepeda, apa pengaruhnya untuk pengendara.

Agak membingungkan bila produsen sepeda memberikan informasi tabel geometri. Dibawah ini memberikan gambaran tentang manfaat ukuran Front Centre geometri sepeda gunung.

Geometri sepeda dibuat dengan sudut depan sepeda terhadap fork, panjang top tube atau tiang atas dari stang sampai sadel.

Jarak panjang tengah atau Front Centre
Letaknya dari tiang crank sampai ke titik roda depan. Semakin panjang maka pengendalian sepeda lebih mudah. Pengereman sepeda di turunan membuat posisi beban pengendara condong ke arah belakang.

Disain Front Centre tidak sendirian memberikan informasi sebuah sepeda. Karena berhubungan dengan sudut Head Angle pada roda depan dari disain sebuah frame. Umumnya disain Front Centre sangat penting bagi sepeda Downhill, karena pengendalian sepeda pada kecepatan tinggi dan medan jalan yang sulit dilalui untuk sepeda gunung biasa.

Bila Front Centre terlalu pendek. Dampaknya ada perasaan ragu bagi pengendara sendiri. Apalagi ketika anda sedang berdiri, bagian roda depan seakan kurang maju.

Itulah fungsi dari geometri Front Centre. Walau tidak bisa dipastikan apakah seseorang sangat terpengaruh dengan sepeda ukuran sepedanya.

Dibawah ini posisi dari Front Centre geometri sepeda gunung. Dari WMB edisi2014


Jadi disain sepeda dirancang khusus untuk medan yang dilalui.

Sepeda kelas XC dirancang dengan sudut lebih kedalam, jauh berbeda dengan sepeda downhill akan terlihat sudut bagian depan lebih maju.

Rancangan sepeda juga mengukuti sudut dan ukuran sepeda, seperti ukuran XS, S, M sampai lebih besar L. Memiliki beberapa disain sedikit berbeda sesuai disain dari pabrikan.