Sebuah studi baru mengumpulkan kecelakaan pesepeda. Beberapa negara bagian di Amerika meminta pengemudi sepeda mengunakan helm. Apa benar helm dapat menyelamatkan pengemudi, pada data statistik menunjukan hal berbeda.

Di Eropa masih ada pengemudi sepeda yang tidak menyukai mengunakan helm. Ada yang beranggapan mengunakan helm terlalu berlebihan bagi pesepeda di jalan. Ketika aturan helm di terapkan di Australia, malah pengemudi sepeda disana menjadi malas bersepeda.
Menurut data terbaru, orang berjalan dan mengunakan sepeda memiliki resiko yang sama. Mengapa penjalan kaki tidak memerlukan helm.

Nyatanya kecelakaan akibat luka di kepala tetap
  • Lebih tinggi bagi pengendara sepeda, nomor dua pejalan kaki dan nomor 3 pengemudi kendaraan bermotor.
  • Sedangkan resiko meninggal akibat kecelakaan tertinggi ada di pejalan kaki, nomor dua pengemudi kendaraan dan terakhir pengemudi sepeda.
  • Yang meninggal paling banyak akibat benturan di kepala tetap pejalan kaki memiliki resiko paling tinggi, nomor 2 dan 3 adalah pengemudi kendaraan dan pesepeda.

Data pesepeda dan pejalan kaki yang mengalami kecelakaan di beberapa negara di Eropa. Resikonya sama saja, mereka mendapat kecelakaan dari pengemudi kendaraan bermotor atau mendapatkan kecelakaan dari hal lain.

Bisa dilihat dari data kumulatif dibawah ini. Kecelakaan bagian kepala paling banyak terjadi di pengendara kendaraan bermotor. Mengapa mereka tidak mengunakan helm.





Apakah aturan pengemudi sepeda harus mengunakan helm lebih aman. Menurut data di Kanada, daerah yang mengharuskan pengemudi sepeda mengunakan helm memiliki resiko lebih rendah dari cidera kepala (kiri). Sedangkan di daerah bebas helm bagi pengemudi sepeda lebih tinggi (kanan).



Lalu berapa angka sebenarnya kecelakaan pesepeda. Ada 2 data dari perbandingan di Amerika, Inggris, Perancis, dan beberapa negara di Eropa lainnya. Dibanding era 90an dan era saat ini



Angka kecelakaan pesepeda di Amerika sangat rendah, walau dahulunya sering terjadi kecelakaan bagi pesepeda. Tetapi bukan berarti pengemudi sepeda boleh meninggalkan helm mereka di rumah.

Menjadi pertanyaan bagi pesepeda, apakah helm mutlak diperlukan.
Dapat dijawab helm tetap penting walau tidak menjamin selamat seratus persen.