Dari data League of American Bicyclist mengumpulkan data selama satu tahun dari kecelakaan pengemudi sepeda. 40% pengendara rata rata di tabrak dari belakang. Kebanyakan kecelakaan bagi pengendara sepeda disebabkan 42% kecerobohan atau lalai, 36% tabrak lari dan 12% pengemudi yang mabuk. Tentunya data ini diambil dari pengendara diluar negeri.




Kecelakaan sepeda tidak semua disebabkan pengemudi. Ada pengendara sepeda yang salah jalan atau melawan arah dan berakibat fatal. Atau jatuh dari trotoar ketika berpindah jalur.

Beberapa kecelakaan lebih sering terjadi di jalan besar atau cukup luas untuk 3 mobil. Beberapa kota membuat jalur terpisah bagi pengendara sepeda agar mereka lebih aman melintas.
Pengendara sepeda memiliki resiko yang sama seperti pengendara kendaraan lain. Jadi berhati hati dan tidak membuat kesalahan selama berkendara. Contoh data dari pesepeda di Amerika bisa dijadikan renungan untuk tetap waspada bila berada di jalan raya. Khususnya arah belakang sepeda yang paling sering ditabrak oleh pengendara lain.

+ www.vox.com