Untuk berolahraga seseorang tidak perlu menjadi atlit pelari atau jago maraton. yang perlu dilakukan adalah bergerak. Tahun 2008, seorang warga Amerika Pam Mumper hampir tidak bisa berjalan ketika menaiki tangga karena kelebihan berat badan. Untuk duduk di kursi lapangan saja tidak muat. Tiga tahun lebih berlalu, sekarang beratnya turun terpangkas 34kg. Sekarang dia mampu berjalan sejauh 6km lebih, menaiki anak tangga adalah hal yang mudah, dan bisa berbagi tempat duduk dengan putranya.

Untuk berolahraga hanyalah bergerak, tidak harus ke Gym atau menargetkan badan yang ideal seperti atletis, serta tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Bisa dimulai dengan melangkah satu kaki dan seterusnya.

Menurut Dr Paul Bendheim ahli saraf dan juga penulis. Untuk berjalan membutuhkan bukan hal yang salah, sangat mudah untuk menjaga sendi, otot dan jaringannya termasuk kardo yang prima. Berjalan bahkan dapat meningkatkan keseimbangan pada postur tubuh.
Hal penting lain adalah olahraga secara teratur, dan efeknya akan terasa dalam beberapa hari kemudian. Yang penting hanya langkah pertama untuk memulai.

Jessica Matthews seorang instruktur kebugaran yang sudah tersetifikasi mengatakan, berjalan tidak hanya meningkatkan kebugaran tubuh keseluruhan. Tapi dapat memperbaiki mood anda dan kinerja.

Khususnya ketika stres melanda diri seseorang. Berjalan dapat berfungsi sebagai waktu istirahat yang dibutuhkan dan kekacauan kerja dan kehidupan keluarga kata Carolyn Philips.


30 menit berjalan kaki kata Philips, dapat menenangkan diri. Ketika jantung dan paru-paru akan bekerja lebih efisien. Maka efeknya ketika bekerja akan lebih banyak energi.

Dampak kesehatan dengan berjalan kaki cukup banyak. Dapat menghindari resiko kematian dini, penyakit jantung dan pembuluh darah. Bahkan menghindari penyakit kanker, stroke, diabetes, obesitas, rasa cemas dan depresi.
Di awal berjalan tidak harus cepat. Kebanyak orang langsung naik kelas dengan berolahraga berjalan lebih cepat. Ada baiknya dilakukan secara bertahap dari langkah pertama secara perlahan sesuai kondisi sendi dan sistem tubuh. Sampai tubuh mampu mempersiapkan diri untuk latihan yang lebih agresif dan terhindar dari cidera.
Untuk mencapai jarak 6km tidak terjadi dalam beberapa minggu atau bulan. Bisa bertahap dan tercapai setelah masa 2 tahun untuk mampu berjalan sejauh itu.

Dari American Heart menyebutkan, olahraga sebaiknya dilakukan teratur selama 150 menit perminggu. Bila angka 150 menit tidak tercapai dalam waktu singkat. Bisa memulai selama 5 menit setiap 3x atau 4x seminggu, dan terus ditingkatkan.

Bila memiliki berat badan berlebih, bisa mengikuti saran diatas serta meminta pendapat ke tim medis seperti dokter. Hasilnya seperti yang dicapai Pam Mumper, dalam 3 tahun lebih dia berhasil memangkas berat badannya sampai 34kg. Butuh niat dan usaha serta telaten