Goesbike - http://www.goesbike.com
Rantai nyangkut di frame sepeda ada beberapa penyebab
http://www.goesbike.com/articles/2943/1/Rantai-nyangkut-di-frame-sepeda-ada-beberapa-penyebab.html
Budhi Prakoso
Budhi Prakoso. Diving & Golf is old, running
cycling is a sport to train the heart.

 
By Budhi Prakoso
Published on 16 July 2014
 
Rantai sepeda sering nyangkut, ada beberapa penyebab. Kadang tidak terpikirkan oleh pemiliknya. Ketika rantai nyangkut, anda pasti berhenti. Dan melihat apa yang terjadi. Biasanya rantai tersangkut di bagian pemindah gigi belakang atau depan .

Rantai sepeda sering nyangkut, ada beberapa penyebab. Kadang tidak terpikirkan oleh pemiliknya. Ketika rantai nyangkut, anda pasti berhenti. Dan melihat apa yang terjadi. Biasanya rantai tersangkut di bagian pemindah gigi belakang atau depan. Menurut MBR ada beberapa penyebab





Penyebab rantai sepeda tersangkut bisa disebabkan pergeseran atau perpindahan gigi besar ke kecil. Bagian derailleur langsung mengunci rantai masuk ke dalam pemindah gigi. Atau rantai naik ke cassette di roda belakang.  Bila dibiarkan dan tidak dicari penyebabnya, urusannya cat frame akan lecet semakin banyak. Kedua bagian chain stay akan mengalami kerusakan struktural atau miring. Dalam kondisi paling parah, bagian penahan derailleur dapat patah.

Istilah Chainstuck atau rantai nyangkut disebabkan oleh

Overshifting
Biasanya jadi biang keladi rantai nyangkut. Misalnya ketika memindahkan gigi terlalu cepat untuk roda bagian belakang. Langsung naik dari gigi 3 ke gigi 9 atau lebih tinggi. Rantai yang masih menyangkit di gigi (cassette) belakang tidak sempat keluar.

Solusinya ketika memindahkan gigi, secara perlahan pedal tetap berputar untuk membantu pergeseran rantai. Ketika ditekan terlalu kuat maka rantai tidak mau berpindah dari ring yang seharusnya ditinggalkan.

Adanya rantai yang rusak
Bagian drivetrain seperti rantai menjadi kontribusi seringnya rantai tersangkut. Seperti sudah membengkok, walau hanya sedikit saja.
Solusi menganti rantai secara rutin sesuai umur pemakaian.
Jika sering terjadi, di khawatirkan akan merusak tiang penahan rantai seperti untuk pemindah gigi di roda belakang atau gigi bagian depan. Umumnya masalah ini dapat diketahui dengan tanda bunyi tidak wajar di sepeda.

Kotoran
Salah satu penyebab rantai nyangkut disebabkan kotoran. Khususnya pasir atau batuan halus. Batuan tersebut masuk ke link antar rantai, membuat sisi gigi tidak terlau pas bahkan bergeser.

Solusinya, gunakan pelumas yang tepat seperti medan kering atau basah.

Rantai terlalu kering
Kebiasaan kita lupa memberikan pelumas atau malas membeli pelumas yang sudah habis. Rantai terlalu kering, membuat sambungan rantai mengeras.

Solusi rutin memberikan pelumas pada rantai

Umur pemakaian rantai
Rantai belum tentu memiliki panjang yang sama, walau mengunakan bahan metal. Sejalan pemakaian, rantai bisa saja memanjang atau mengalami Stretch.

Periksa rantai, dan sudah berapa lama dipakai. Rantai bisa diganti antara 2 tahun pemakaian biasa, atau 1 tahun bila sepeda sering digunakan setiap hari.

Gigi baru tidak lepas dari masalah
Ibarat gerinda, rantai baru akan bersentuhan dengan gigi sepeda. Karena gigi baru umumnya masih kasar. Bisa menjadi penyebab rantai nyangkut.

Solusi. Ibarat sebuah kendaraan baru, pemiliknya diminta membatasi kecepatan kendaraan sampai beberapa km. Tujuannya agar gigi mobil benar benar siap untuk di pacu pada kecepatan tinggi. Sama saja dengan sepeda. Drivetrain baru harus perlahan digunakan sampai benar benar siap di geber oleh pemiliknya. Atau ganti secara bersamaan antarau gigi dan drivetrain, akan lebih cocok dibanding meninggalkan rantai bekas dipakai di sepeda anda