Rantai sepeda sering nyangkut, ada beberapa penyebab. Kadang tidak terpikirkan oleh pemiliknya. Ketika rantai nyangkut, anda pasti berhenti. Dan melihat apa yang terjadi. Biasanya rantai tersangkut di bagian pemindah gigi belakang atau depan. Menurut MBR ada beberapa penyebab





Penyebab rantai sepeda tersangkut bisa disebabkan pergeseran atau perpindahan gigi besar ke kecil.

Bagian derailleur langsung mengunci rantai masuk ke dalam pemindah gigi. Atau rantai naik ke cassette di roda belakang.

Bila dibiarkan dan tidak dicari penyebabnya, urusannya cat frame akan lecet semakin banyak. Kedua bagian chain stay akan mengalami kerusakan struktural atau miring. Dalam kondisi paling parah, bagian penahan derailleur dapat patah.



Tip rantai sepeda sering nyangkut di gigi depan

Bagi pengendara sepeda gunung sudah sering mengalami rantai putus.
Karena beban ketika menanjak memaksakan tekanan kaki ke bagian rantai. Sampai akhirnya rantai akhirnya putus.
Umum bagi pengendara sepeda gunung membawa kunci rantai, agar berjaga-jaga bila satu rekan mengalami masalah dan dapat diperbaiki secepatnya.

Kali ini agak berbeda dan menjadi pengalaman sendiri di tahun 2019 serta terkait usia rantai. Boleh dibilang sepeda 12 tahun baru diganti rantai 2 kali.

Ketika sepeda digunakan setiap hari, walau jaraknya tidak terlalu jauh antara 1km perhari

Diawali gigi sepeda sering nyangkut di sproket belakang, setelah beberapa hari bagian gigi sering tidak dapat berpindah di gigi depan.

Rantai hanya bekerja di ring besar, bila dipindah ke tengah akan tersangkut.

Setelah di periksa pada bagian yang tersangkut. Akhirnya diketahui di bagian pin rantai ternyata bergeser sendiri dan keluar dari bagian rantai.

Pin rantai tersebut tidak lepas keluar, menyisakan 20% bergeser dan tidak mengunci bagian pin dalam..


bagian rantai pin lepas

Kejadian pin lepas mungkin sangat jarang terjadi.

Khususnya mereka yang rajin menganti rantai.

Tapi kali ini rantai sepeda sudah berusia 6 tahun lebih. Walau rantai bukan bekerja dengan beban berat seperti berkendara di jalur gunung dengan medan tanjakan.
Tetap saja rantai usang memang harus rutin diganti agar tidak terjadi masalah di perjalanan

Bagi rekan rekan yang mengunakan sepeda, ada baiknya mengingat kapan pengantian rantai sepeda. Khususnya sepeda yang sering dipakai sehari hari.
Membersihkan rantai, rajin memberikan pelumas pada rantai tidak menjamin kekuatan rantai usang.

Bila rantai tidak presisi berpindah, umum disebabkan oleh kabel shifter yang rusak. Dan tersangkut di inner tube, dan menganggu perpindahan gigi sepeda.

Bila suatu hari ada yang mengalami masalah seperti ini. Seperti rantai mendadak nyangkut di gigi sepeda. Dapat memeriksa bagian pin rantai atau sambungan rantai.
Bila masih di jalan, pin dapat di dorong sementara untuk meneruskan perjalanan.
Perbaikan rantai rusak dengan pin yang lepas, dapat mengunakan kunci rantai.

Tinggal di kunci dan diputar, sampai berbunyi click 1 kali. Maka rantai sudah dapat bekerja lagi.
Pin rantai umumnya dapat digunakan sampai 10 kali lepas pasang. Dengan catatan usia rantai masih baru atau sekitar 2-3 tahun.
Bila rantai sudah berusia cukup lama, ada baiknya menganti rantai dibanding mengembalikan pin rantai.

Dibawah ini salah satu kerusakan rantai sepeda yang nyangkut ketika berkendara sepeda. Kami tidak menyangka bila pin dapat lepas kapan saja walau di jalan biasa.






Istilah Chainstuck atau rantai nyangkut disebabkan oleh


Overshifting
Biasanya jadi biang keladi rantai nyangkut. Misalnya ketika memindahkan gigi terlalu cepat.
Langsung naik dari gigi 3 ke gigi 9 atau lebih tinggi. Rantai yang masih menyangkut di gigi (cassette) belakang tidak sempat keluar ke posisi sebenarnya.

Solusinya ketika memindahkan gigi, secara perlahan pedal tetap berputar untuk membantu pergeseran rantai. Ketika ditekan terlalu kuat maka rantai tidak mau berpindah dari ring yang seharusnya ditinggalkan.

Adanya rantai yang rusak
Bagian drivetrain seperti rantai menjadi kontribusi seringnya rantai tersangkut. Seperti sudah membengkok, walau hanya sedikit saja.
Solusi menganti rantai secara rutin sesuai umur pemakaian.
Jika sering terjadi, di khawatirkan akan merusak tiang penahan rantai seperti untuk pemindah gigi di roda belakang atau gigi bagian depan. Umumnya masalah ini dapat diketahui dengan tanda bunyi tidak wajar di sepeda.

Kotoran
Salah satu penyebab rantai nyangkut disebabkan kotoran. Khususnya pasir atau batuan halus. Batuan tersebut masuk ke link antar rantai, membuat sisi gigi tidak terlau pas bahkan bergeser.

Solusinya, gunakan pelumas yang tepat seperti medan kering atau basah.

Rantai terlalu kering
Kebiasaan kita lupa memberikan pelumas atau malas membeli pelumas yang sudah habis. Rantai terlalu kering, membuat sambungan rantai mengeras.

Solusi rutin memberikan pelumas pada rantai

Umur pemakaian rantai
Rantai belum tentu memiliki panjang yang sama, walau mengunakan bahan metal. Sejalan pemakaian, rantai bisa saja memanjang atau mengalami Stretch.

Periksa rantai, dan sudah berapa lama dipakai. Rantai bisa diganti antara 2-3 tahun pemakaian biasa, atau 1-2 tahun bila sepeda sering digunakan setiap hari.

Gigi baru tidak lepas dari masalah
Ibarat gerinda, rantai baru akan bersentuhan dengan gigi sepeda. Karena gigi baru umumnya masih kasar. Bisa menjadi penyebab rantai nyangkut.

Solusi. Ibarat sebuah kendaraan baru, pemiliknya diminta membatasi kecepatan kendaraan sampai beberapa km. Tujuannya agar gigi mobil benar benar siap untuk di pacu pada kecepatan tinggi. Sama saja dengan sepeda. Drivetrain baru harus perlahan digunakan sampai benar benar siap di geber oleh pemiliknya. Atau ganti secara bersamaan antarau gigi dan drivetrain, akan lebih cocok dibanding meninggalkan rantai bekas dipakai di sepeda anda.

Demikian informasi dari masalah rantai sepeda. Kadang tidak dapat diduga ketika rantai dapat tersangkut ring atau gigi sepeda. Setidaknya kita dapat mengetahui masalah dan memperbaiki.