Seorang profesor dari kedokteran Stanford melihat data kesehatan dari tahun 1988 dan membandingkan dengan data tahun 2010. Yang dicari apakah orang lebih banyak makan selama 20 tahun terakhir ini.

Di tahun 1980an, sekitar 80-90% lebih banyak orang melakukan aktivitas di waktu senggang mereka. Sekarang hampir separuh warga Amerika tidak melakukan kegiatan apapun. Hal ini terjadi semua kelompok umur. Baik pria dan wanita dari usia 18 sampai 39 tahun. Warga kulit putih dan Afrika Amerika mencapai 3x lebih banyak dan tidak melakukan aktivitas. Dibanding wargan keturunan Mexico Amerika hanya naik 2x lebih banyak. Biasanya mereka melakukan kegiatan lain seperti membantu anak anak dan orang tua mereka serta menajga berat badan ideal.

Menurut data dari universitas Louisiana, makanan tidak bisa disalahkan tapi kegiatan yang tidak dilakukan membuat masyarakat lebih gemuk. Bandingkan di era 60an, 1 dari 2 warga Amerika memiliki pekerjaan terkait fisik. Tahun 2008 praktis orang Amerika lebih banyak duduk sepanjang hari.
Kalau dahulu pekerja pabrik mobil harus memasang bumper dan mengangkat sendiri. Sekarang sudah dengan robot otomatis.

Apa langkah konkret dengan gaya hidup sehat. Katanya gampang, 30 menit olahraga ringan seitap hari, seperti berjalan, bersepeda dan berenang. Tapi dilakukan secara rutin 5 hari setiap minggu.