Goesbike - http://www.goesbike.com
Fungsi Zip Tie untuk sepeda
http://www.goesbike.com/articles/2990/1/Fungsi-Zip-Tie-untuk-sepeda.html
Budhi Prakoso
Budhi Prakoso. Diving & Golf is old, running
cycling is a sport to train the heart.

 
By Budhi Prakoso
Published on 30 August 2014
 
Cobalah bawa sekitar 6-8 pengikat Zip Tie ketika berkendara sepeda. Kadang alat ini tidak diperlukan sama sekali, tapi ketika kejadian tidak terduga. Disinilah peran kabel kecil tersebut amat membantu. Dapat dimanfaatkan untuk mengikat posisi RD atau pengikat dudukan sadel yang lepas.

Zip Tie umumnya ditemukan pada paket barang cukup besar, menganti tali pengikat. Benda ini biasanya dipakai sekali lalu dibuang. Tapi Zip Tie sangat berguna untuk pesepeda dalam kondisi darurat.

Bentuknya ada yang cukup besar, atau lebih kecil. Benda ini digunakan juga oleh kalangan IT untuk pengikat kabel di jaringan network. Biasanya dibuat dalam beberapa warna. Tapi di pasaran ada yang dijual secara umum. Harganya relatif murah, satu kantong hanya 10 ribu sampai 15 ribu.
Di sepeda gunung, Zip Tie digunakan untuk pengikat fender agar air hujan dan kotoran tanah tidak muncrat ke atas. Tapi fungsi Zip Tie tidak sampai disitu



Untuk pesepeda, alat ini dapat membantu dalam kondisi darurat. Kita tidak pernah tahu kabel RD yang sering dipakai untuk memindahkan gigi ternyata putus. Mungkin sudah aus tergesek, ketika dipaksa bekerja dalam melakukan perjalanan dengan sepeda gunung.



Foto dari Dirtragmag Gary Bolton memposting cerita mereka ketika kabel RD belakang putus. Kalau posisi state kabel di posisi gigi besar, mungkin tidak masalah, bagaimanna kalau posisi state ketika kabel dikendorkan di posisi gear lebih kecil. Ciamik harus ngenjot dengan posisi gigi berat. Dia mengakali kabel RD yang putus dengan Zip Tie. di ikat pada posisi gigi tengah agar masih bisa di gantikan dengan gigi depan.

Kabel Zip Tie juga berguna bila kerusakan penopang sadel lepas. Hal ini bisa saja terjadi karena dudukan sadel dibuat dari plastik dan tiang penopang lepas. Bila mengalami dudukan lepas dari bagian atas, bisa diakali dengan Zip Tie, dibanding harus mencari tali platstik di tengah hutan.

Cobalah bawa sekitar 6-8 pengikat Zip Tie ketika berkendara sepeda. Kadang alat ini tidak diperlukan sama sekali, tapi ketika kejadian tidak terduga. Disinilah peran kabel kecil tersebut amat membantu.