Jalur sepeda gunung Cianten dimulai dari bendungan PLTA Karacak.


Biker dapat memulai perjalanan dari arah tol Jagorawi, keluar pintu tol Sentul, masuk ke tol dalam kota Bogor, belok kanan, melewati perumahan Yasmin Bogor, ke perempatan Semplak, mengambil arah ke kampus IPB. Dari kampus IPB terus sekitar 11.9km lagi. (hitungan tepat untuk kilometer mobil)
Bertemu pertigaan pasar Leuwiliang raya (setelah jembatan besi), ambil kiri  (ada Indomart kalau tidak salah), lalu masuk sekitar 5km sampai bertemu kantor PLN Karacak

7:29 Ada 2 tempat parkir kendaraan, antara kantor bendungan PLTA Karacak atau kantor PLN. Keduanya saling berseberangan.
Dari sana biker bisa menyewa kendaraan angkot untuk membawa sepeda (biaya 100-120 ribu untuk 4 orang). Maklum tanjakannya menuju kebun teh keatas memang luar biasa. Butuh waktu setengah jam lebih dengan kendaraan mobil saja.





8:03 Logistik, bila biker tidak sempat membeli air minum dibawah. Sepanjang jalan banyak sekali warung. Salah satunya warung Rodeo, tidak jauh dari tempar parkir mobil. Toko ini menjual banyak air minum termasuk tabung LPG. Bisa mampir ke toko tersebut untuk membeli air minum untuk perbekalan, karena relatif lebih murah dari harga warung diatas.




Foto sepanjang perjalanan dengan angkot keatas.

8:14 jalan keatas sesaat masih rata, tetapi begitu lepas dari perkampungan. Jalan mulai berlubang.


Dibawah ini pemandangan selama perjalanan keatas dengan mobil angkot






Next titik awal perjalanan.