Kota Saitama memiliki jaringan berbagi sepeda di Jepang. Memiliki layanan peminjaman sepeda tanpa perlu dikembalikan dari tempat berangkat. Untuk mengambil sepeda hanya diperlukan nama dan nomor ponsel ke mesin scan Suica atau mengunakan kartu uang elektronik dan memotong $4,5 untuk satu kali pinjaman.

Sepeda yang disewakan memiliki roda 20 inch dengan 3 speed. Sepeda dirancang untuk sepeda komuter dengan keranjang di bagian depan. Rie Matsuo seorang penduduk Saitama usia 35 tahun tiba di stasiun dengan mobil untuk menonton sepak bola. Kemudian mereka menyewa sepeda ke stasiun Omiya. Lebih mudah dibanding melintas dari kemacetan kota.

Kota Satama baru meluncurkan program sepeda di bulan Mei 2013. Sampai Agustus 2014, sekitar 9413 member datang mengambil sepeda dan 4674 orang sudah menjadi member tetap. Sedangkan 596 orang sudah mengunakan abodemen bulanan.

Dengan biaya abodemen, penguna bisa mengunakan sepeda selama 120 jam. Banyak yang menyewa sepeda dan dibawa pulang pada malam hari, dan pergi ke tempat bekerja keesokan harinya lalu dikembalikan ke stasiun. Total jaringan penyewaan sepeda ini tidak banyak, baru 250 unit, tapi satu sepeda mencapai 1,28x dipakai setiap hari.

Saitama City Bicycle and Urban mengatakan akan menambah jumlah sepeda untuk penduduk kota. Ini hanya salah satu program yang dibuat. Dari 54 kota di Jepang sudah mengoperasikan layanan seperti ini. Termasuk Sapporo, Sendai, Tokyo, Niigata, Osaka, Okayama dan lainnya. Program yang diawali dari Eropa, menyebar ke Jepang pada tahun 2008.

Saitama Bike Share Program City