Goesbike - http://www.goesbike.com
Togs - Thumb Over Grip System sandaran ibu jari di handlebar
http://www.goesbike.com/articles/3113/1/Togs---Thumb-Over-Grip-System-sandaran-ibu-jari-di-handlebar.html
- -
Screw Man. With cycling hobby, and provide information to everybody with http://Goesbike.com.
 
By - -
Published on 29 December 2014
 
Thumb Over Grip System disingkat Togs adalah sandaran bagi ibu jari sepeda gunung. Salah satu alat untuk memperbaiki kemampuan pesepeda. Membuat sandaran bagi ibu jari di bagian atas stang, dan mengurangi stres tangan pengendara.

Togs singkatan Thumb Over Grip System, sebuah aksesoris kecil ditempatkan di tengah grip dan shifter sepeda. Togs sendiri adalah kait bagi jempol tangan, membuat posisi sandaran tambahan bagi pegangan tangan pengendara sepeda. Bila berkendara sepeda, tangan menggengam stang sepeda. Sementara ibu jari tangan terbiasa tergantung dekat posisi shifter atau di bawah handlebar. Walau pengendara sepeda gunung tidak memerlukan akses shifter, posisi tangan sudah terbiasa berada disana.
Misalnya melakukan posisi menanjak, dan tidak perlu merubah posisi gigi. Jari tangan sudah terbiasa untuk menekan tombol shifter.

Siapa pembuat melakukan dedikasi pembuatan alat Togs. Di antaranya Jibe Media, Maschoof Brennan, Brenkman & Co, Proto Labs, Dupont dan Wasatch Container. Togs dibuat oleh Zytel, mengunakan bahan termoplastik Dupont yang ringan tapi kuat.
Togs seperti produk intuitif lainnya seperti jenis chainguard, flat pedal dan produk lainnya. Ketika kebutuhan ada maka produk dibuat, ada yang kurang dan diperbaiki.

Pada paket disertakan juga kunci hex untuk memasang Togs.



Bentuk perlengkapan Togs seperti gambar dibawah. 2 plastik dibuat dengan pola sedemikian rupa untuk sandaran ibu jari.
Terdapat marking atau tanda L dan R untuk memasang Togs.





Bagaimana memasang Togs ini. Bisa dijepit antara shifter dan grip. Posisi tersebut biasanya terdapat celah, dan dapat dipasang alat Togs.



Posisi dari depan Togs dengan posisi standar menghadap vertikal. Menurut produsen Togs, penempatan sandaran Togs dapat dipasang sesuai keinginan penguna. Posisi condong vertikal kearah depan untuk posisi normal. Bila pengendara cukup agresif dengan kecepatan sepeda bisa merubah posisi  ke arah depan sekitar 20-30 bahkan 40 derajat. Posisi ini bisa diatur sesuai kebutuhan.







Dibawah ini posisi ibu jari dengan pegangan grip. Ibu jari tidak mengantung dibawah grip, tetapi bisa bersandar di sandaran Togs.
Untuk bersepeda santai, posisi Togs dapat dipasang 10 derajat vertikal  ke arah depan. Bila berkendara agresif, bisa disesuaikan dengan sudut maju ke arah depan. Posisi ibu jari tidak harus menempel ketat, anda yang mengatur kebutuhan sudut Togs terhadap ibu jari anda.



Dimana perbedaan dengan Togs dan tanpa tanpa Togs

Selama berkendara sepeda gunung, pegangan grip sepeda umumnya ibu jari selalu berada di bagian bawah. Fungsinya untuk mempercepat pemindahan gigi sepeda. Ketika tidak terjadi pemindahan gigi sepeda, tangan akan tetap diposisi yang sama. Bagian bidang telapak tangan yang menahan akan berada di tepian lengan. Kelemahan teknik lama tersebut membuat tingkat stres pada lengan dan jari anda.

Berbeda dengan posisi ibu jari diatas, seperti ditempatkan di Togs. Sudut telapak tangan yang menahan grip berada ditengah.  Posisi ini membuat pengendara lebih nyaman. Khususnya ketika menanjak atau berkendara santai. Jadi kebiasaan kita dapat dirubah dengan menempatkan ibu jari dibagian atas. Alat dari Togs ini yang ikut membiasakan kita memposisikan ibu jari dan lebih nyaman berada diatas stang.
Posisi  ibu jari dengan Togs tidak stres pada jari, karena dapat di sandarkan pada ala tersebut. Ini adalah pemecahan sederhana bagi pengendara sepeda gunung.

Apa saja manfaat dari Togs.

  • Posisi tangan lebih selaras, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi kelelahan pada tangan.
  • Lebih stabil pada bagian lateral stang
  • Keuntungan ketika bersepeda menanjak
  • Tetap mudah bagi ibu jari memindahkan posisi shifter dan kembali bersandar di Togs
  • Dapat disesuaikan sesuai penguna.

Shifter apa yang dapat dipasang dengan Togs

  • Rata rata semua stang sepeda dengan shifter konvensional bisa bekerja dengan Togs.
  • Tetapi untuk shifter khusus seperti shifter sistem putar tidak bisa dipasang dengan Togs.

Bila ingin melihat perubahan dengan sistem Togs, anda bisa mencoba melakukan pengangan tang sepeda dengan posisi ibu jari diatas. Bila terasa ada perubahan dan manfaat. Bisa mempertimbangkan untuk memasang Togs dikemudian hari.

Salah satu produk intuitif untuk sepeda gunung