Apakah perbedaan dari disain sarung tangan sepeda. Sarung tangan pengendara sepeda bukan saja sebagai pelindung, tetapi memiliki fungsi sebagai peredam getaran ketika berkendara di medan keras, serta menghindari tangan tergelincir atau lepas dari stang sepeda.

Tertutup (Full Fingers) atau separuh jari (Fingerless)
Walaupun disain dan modelnya hampir mirip. Sarung tangan sepeda dibagi atas 2 model yaitu menutup sampai ke jari atau hanya menutup separuh bagian jari tangan. Perbedaan dari fungsi sarung tangan di kedua model, tergantung seberapa berbahayanya medan yang akan dilewati. Ketika pengendara jatuh, tangan biasanya menjadi pelindung utama arah jatuh. Bagian tangan dan siku yang mengarahkan dan menahan badan ketika pengendara jatuh. Gesekan di medan keras akan melukai kulit, sehingga dibutuhkan pelindung pada tangan untuk biker sepeda gunung.
Butuh perlindungan extra untuk tangan, sebaiknya mengunakan penutup penuh sampai jari.
Kekurangannya adalah kurang nyaman di medan biasa, bahkan relatif lebih panas dibandingkan sarung tangan dengan ukuran separuh jari. Hindari bahan murah yang tidak memiliki ventilasi pada sarung tangan. Beberapa produk dari pabrikan terkenal memiliki solusi tersebut, dengan mengunakan 2 bahan berbeda antara bagian dalam dan luar dari sarung tangan.

Udara dingin, pilihan pelindung penuh lebih baik
Melihat fungsi lain adalah kondisi suhu medan. Bila melalui medan yang sangat dingin (daerah pengunungan), sebaiknya mengunakan sarung tangan atau glove secara penuh pada pelindung jari. Walaupun pemakaian yang satu ini memang tergantung dari daya tahan si  pengendara. Pilihan bisa saja mengunakan glove dengan ukuran separuh jari.
Tetapi untuk medan atau jalur berbatu dan kondisi basah. Akan sangat aman mengunakan disain sarung tangan dengan full size untuk melindungi jari tangan secara penuh.


Gel untuk glove atau biasa, Gel memiliki fungsinya sebagai peredam getaran
Bagian terpenting pada disain glove atau sarung tangan sepeda gunung. Bila diperhatikan ada 2 model yaitu tipe biasa dan pelapis gel.
Untuk glove dengan disain biasa, umumnya pada bagian telapak tangan dibuat lebih tebal. Mengingat sarung tangan akan melindungi tangan , khususnya telapak tangan ketika menyentuh tanah. Bagian ini dibuat lebih tebal dan kuat.

Tetapi ada satu tambahan lain yaitu disisipkannya sejenis Gel. Disain gloves gel atau memiliki pelindung gel umumnya lebih mahal. Mengapa dibutuhkan gel pada sarung tangan pengendara. Kuncinya adalah meredam getaran handlebar atau stang sepeda ketika melewati medan kasar / ekstrem /  berbatu. Terlihat sederhana, mungkin bagi sebagian orang mampu menikmati getaran dalam waktu tertentu. Tetapi untuk sebagian orang, medan berat merupakan penderitaan yang berkelanjutan sepanjang jalan. 1 menit menahan pukulan stang pada telapak tangan bisa saja tahan, bagaimana dengan 3 , 5 atau 10 menit secara terus menerus. Secara perlahan pengendara akan merasakan nyeri dibagian telapak tangan.
Bisa dibayangkan posisi tangan harus menahan tekanan stang karena dorongan shock bagian depan. Ibaratkan saja tangan anda yang dipukul dengan stang dirumah, tetapi secara terus menerus dalam waktu lama.

Kami mengetahui masalah ini dari rekan rekan yang mencoba jalur makadam /  berbatu. Getaran pada stang membuat lengan , siku dan telapak tangan terasa nyeri. Jangankan untuk menempatkan jari pada tangkai rem, bagian telapak tangan bahkan sulit sekali mengenggam grip atau stang sepeda. Karena getaran terjadi secara terus menerus sepanjang jalan. Disisi seperti medan ini, sarung tangan dengan pelindung gel akan sangat membantu pengendara. Sedikitnya mengurangi getaran yang sangat kuat, sehingga stang sepeda dapat tetap dikontrol.




Bila anda ingin mengunakan sarung tangan dengan pelindung Gel
Jangan salah pilih antara Gel dan Busa. Jangan percayakan bentuk sarung tangan sepeda dengan harga murah. Coba periksa dengan baik, apakah memang ada komponen gel atau sekedar busa saja. Beberapa produk lokal menampilkan disain seperti memakai komponen gel.
Ternyata pelindung pada glove sepeda tersebut hanya berisikan busa tebal, dengan ketebalan 3 sampai 4 mm. Awalnya terlihat sama, tetapi bila ditelaah lebih dalam dan diperiksa dalamnya. Baru terlihat bahwa sarung tangan tersebut hanya mengunakan busa dan bukan memakai komponen gel.


Model apa yang terbaik untuk sarung tangan sepeda.
Pilihannya sangat mudah, medan seperti apa yang sering dilewati akan menentukan model sarung tangan sepeda anda.
Bila medan biasa, tidak berbatu bahkan sampai on road. Sarung tangan jenis gel serta full cover finger tidak terlalu dibutuhkan.
Sisi lain, bila medan bersepeda anda memang cukup berat.
Tinggal anda menganalisa sendiri, seberapa besar daya tahan anda terhadap getaran. Ingin nyaman gunakan sarung tangan dengan tambahan pelindung gel. Walau kurang nyaman ketika di medan biasa, karena terasa ganjalan pada telapak tangan. Tetapi cepat atau lambat akan terbiasa.

Apakah tipe full cover untuk melindungi jari tangan atau separuh. Kembali melihat seberapa bahayanya medan yang sering anda lalui. Untuk perlindungan penuh, pilihan pada full cover dijari tangan. Untuk kenyamanan sebaiknya gunakan sarung tangan dengan separuh jari saja.
Panas dan tidaknya bila dikenakan lama. Bebeapa disain sarung tangan atau glove mtb mengunakanbahan dengan ventilasi udara sisi atas dan sarung tangan. Beberapa model juga memiliki bahan yang nyaman sehingga membuat tidak panas.

Manfaat utama dari glove atau sarung tangan sepeda adalah keamanan.
Dibawah ini adalah fungsi utama pemakaian sarung tangan sepeda.
Peredam getaran. Glove untuk pengendara sepeda MTB dapat dimanfaatkan sebagai penahan getaran pada stang. Fungsi ini paling utama, getaran pada stang sepeda sangat kuat terjadi walaupun sepeda gunung mengunakan peredam pada fork atau garpu sepeda dengan sistem suspensi. Pengendara sepeda akan sulit mengetahui seberapa besar pukulan balik dari fork yang dialirkan ke stang dan tangan pengendara sepeda. Ketika tangan menjadi sangat lelah, maka gengaman pada grip handlebar juga melemah. Hal tersebut membayakan pengendara sepeda, khususnya dimedan berat seperti jalur panjang berbatu / makadam. Glove atau sarung tangan sepeda gunung berfungsi sebagai peredam getaran. Sehingga momen yang sangat berbahaya akibat lemahnya gengaman pada kemudi sepeda dapat di minimalisir.

Sarung tangan untuk pengendara sepeda gunung sangat penting. Bukan sebagai pelindung tangan saja, tetapi memiliki fungsi lebih untuk menjaga gengaman tangan dari stang kemudi.