2019 September
Otoritas transportasi Francele-de-France berencana untuk menawarkan warga € 500 kepada warga yang membeli sepeda-elektronik pada tahun 2020. Semakin banyak pemerintah lokal dan nasional yang mengikuti model ini untuk transportasi hijau sebagai pilihan yang lebih murah.

Mulai Februari 2020, 10 juta penduduk Paris dan sekitarnya mungkin memiliki akses hingga € 500 dalam bantuan keuangan untuk pembelian sepeda listrik.

Valerie Pecresse, presiden agensi transportasi regional Île-de-France Mobilités, mengatakan kepada Le Parisien dalam sebuah wawancara eksklusif bahwa dia telah mengajukan proposal untuk memberikan subsidi untuk setengah biaya sepeda listrik dan maksimal € 500 - untuk semua penduduk Île-de-France, wilayah di sekitar Paris, "terlepas dari situasi ekonomi mereka."

Jadi warga akan diberikan diberikan subsidi 50% dari harga sepeda listrik yang mereka beli.

Harga sepeda listrik yang bagus rata-rata dapat € 2.000 atau sekitar 30 juta.

"Saya ingin semua penduduk memiliki hak yang sama untuk mobilitas listrik dan jenis transportasi yang lebih bersih, terutama di daerah kecil dan pinggiran kota " kata Pécresse.

Penawaran itu akan dimulai pada bulan Februari dan waktunya akan dimulai ketika program tes e-bike "Veligo" berakhir.

Mulai dari bulan September, program Veligo memungkinkan penduduk untuk menyewa sepeda listrik jangka panjang - sampai 6 bulan - dengan tarif € 40 per bulan, setengahnya akan ditanggung oleh pemilik usaha (bila bekerja).

Paris sudah menjalankan program serupa, yang disebut Velib, di tingkat kota.

Program ini akan merilis 10.000 sepeda listrik ke wilayah Paris yang lebih besar, dengan rencana menggandakan jumlahnya.


Program ini akan menjadikannya program penyewaan sepeda listrik terbesar di dunia.

"Subsidi € 500 harus menjadi motivator untuk membeli" kata Pecresse.
Pemerintah kota berharap untuk melipatgandakan penggunaan sepeda di daerah tersebut pada tahun 2021.
Pergantian sepeda saat ini menyumbang kurang dari 2% perjalanan harian di Île-de-France.

Program subsidi sepeda listrik ramai di seluruh dunia karena kota-kota berupaya mengurangi lalu lintas dan polusi dan manfaat untuk membantu warganya tetap sehat.

Swedia, Norwegia, Skotlandia, dan Portugal adalah beberapa negara yang berinvestasi dalam infrastruktur sepeda elektronik dan memberikan pinjaman serta subsidi tanpa bunga kepada warga negara yang ingin melakukan pembelian

2015
Paris sudah gerah dengan polusi. Sekarang berancana meningkatkan jalur sepeda di kota, dan meningkatkan pengemudi sepeda sampai 3x lebih banyak dari sekarang. Kota Paris akan memperluas jalur sepeda yang aman dari 700km menjadi 1400km.

Tujuannya untuk memberikan rute jalur sepeda yang nyaman, dan aman. Sekarang baru mencapai 5% jumlah perjalanan dengan sepeda, nantinya akan ditingkatkan mencapai 15%. Dari arah 4 arah menuju kota Paris, akan dibuat jalur sepeda khusus yang terpisah dengan jalan raya. Sementara di jalan kecil yang digabung denganjalur sepeda akan dibuat aturan pengemudi tidak boleh lewat kecepatan 30km perjam.

Kabar lain menyebutkan, bila semua terlaksana cerita kota Paris akan menjadi objek wisata baru dengan sepeda. Apakah Paris mampu meningkatkan pengemudi sepeda sampai15% pada tahun 2020 dari pinggiran kota menuju kota Paris. Satu pendapat mengatakan, kita butuh ruang lebih banyak untuk pesepeda. Bila ruang yang baik untuk pesepeda, mereka pasti ingin bersepeda dibanding mengendarai kendaraan bermotor