Cerita baterai kendaraan listrik, dari sepeda dan mobil memiliki kendala yang sama. Mobil listrik mengunakan sel baterai, dan di kemas menjadi satu. Lalu dibungkus dalam unit baterai. Bagaimana bila salah satu sel baterai rusak, anda bisa menganti tentu tidak. Pemilik kendaraan mobil listrik misalnya, harus menganti total baterai baru.

Beruntung sebuah mobil seperti merek Tesla, menawarkan baterai mobilnya relatif lebih murah. 40% dari harga unit mobil sendiri hanya untuk harga baterai saja.

Ceritanya lebih lucu lagi, bila perusahaan mobil kembali membuat kualitas baterai lebih baik. Apakah bisa menganti komponen di baterai lama. Sama saja, artinya membeli baterai baru. Dengan kata lain di upgrade gitu lah.

Tentang sepeda listrik.
Kasusnya berbeda, bukan masalah baterai saja. Geometri, penempatan baterai sampai kekuatan motor listrik untuk pengerak.
Komponen sepeda listrik menambah beban sepeda. Karena banyak sepeda listrik mengunakan frame rigid, artinya akan banyak getaran ketika berkendara. Lagi lagi masalah komponen sepeda listrik yang menambah bobot dibanding sepeda biasa.



Posisi baterai sepeda listrik yang salah penempatan. Banyak sepeda listrik menaruh bagian baterai di rak belakang. Artinya bobot sepeda bertambah dibagian belakang seakan ada yang membonceng. Hal ini membuat bobot sepeda tidak desentralisasi. Yang baik baterai sepeda listrik ditempatkan di tengah, seperti di bagian tube tiang tengah sepeda. Atau dibagian down tube sehingga sedekat mungkin dengan pusat gravitasi sepeda.

Geometri sepeda seharusnya mengikuti disain untuk sepeda listrik, ditambah dengan sistem geometri suspensi yang tepat.

Motor listrik pada sepeda listrik umumnya langsung dipasang di roda belakang dan depan. Ada 2 model pengerak roda belakang, satu tipe single speed dan model lain dengan pemindah gigi internal. Untuk roda belakang, sebuah sepeda tanpa pemindah gigi lebih cocok berkendara di dalam kota.

Masalah harga sepeda listrik. Di pasaran ada yang murah bahkan terlalu murah, sebagian lagi terlalu mahal. Yang murah biasanya memiliki kualitas kurang baik. Mungkin dibagian kualitas baterai. Yang mahal tentu lebih baik, lagi lagi uang harus lebih banyak keluar untuk sepeda tersebut. Bila menyebut komponen Dura Ace, Full Suspension bahkan serat karbon maka harga sepeda akan melambung tidak karuan

Masalah daya tahan baterai. Umumnya sebuah sepeda listrik memiliki daya tahan baterai dalam beberapa tahun. Neal mengatakan saya menerima keluhan dari pemilik sepeda listrik merek lain. Katanya seperti ini, sepeda saya baterainya jelek, dan tidak mendapat pengantian.

Produsen sepeda Koben menawarkan satu unit sepeda single speed seharga $1300, dan tipe varibel speed $1600. Harga sepeda dikelas menegah dengan kualitas yang baik.
Untuk kecepatan 300W, mencapai kecepatan 32km perjam untuk jarak 38km. Tipe S dengan komponen lebih baik seperti kekuatan baterai 460WH, memiliki jarak lebih jauh sampai 60km.

Dari cerita produsen sepeda listrik Koben, kita dapat melihat masalah pada produksi sepeda listrik. Harga yang terlalu murah adalah bencana kecuali teknologi komponen dapat menurunkan harga sepeda. Yang lain dijual seharga separuh mobil. Tapi masih ada produsen yang melihat kualitas dengan harga yang wajar seperti ini.

Masalah sepeda listrik ada di disain geometri dan baterai