November 2014 sebuah perusahaan memasang solar cell di jalur pejalan kaki dan jalan sepeda di Belanda. Setelah 6 bulan di uji coba hasilnya malah menghasilkan listrik lebih besar. Mencapai lebih dari 3000 kWh dengan panjang solar cell yang digelar di jalan

Solar cell tersebut miliki panjang 70 meter. Dari Krommenie ke arah utara kota Amsterdam. Proyek tersebut baru dilaporkan minggu lalu, katanya hasil listrik yang dihasilkan cukup memenuhi kebutuhan listrik seorang yang tinggal dirumah selama satu tahun.

Solar Cell yang dipasang dijalan tersebut mampu menghasilkan energi listrik setara 70kW perjam per meter persegi setahunnya. Hampir mendekati batas paling tinggi ketika di uji di ruang laboratorium.

SolaRoad yang membuat jalur sepeda dan pejalan kaki dengan solar cell tersebut mengunakan semen dan ditambahkan panel surya. Bagian atas solar cell ditutup dengan lembaran transparan dengan tebal 1 cm. Sehingga bagian atas dapat diinjak oleh pejalan kaki maupun dilintasi oleh sepeda.
6 bulan pengujian tersebut hanya untuk memastikan permukaan paling atas tahan seperti kerasnya jalan aspal. Dan pengujian dilakukan untuk test dalam dunia nyata. Lebih dari 150 ribu pesepeda sudah melintas di jalur tersebut.

Karena Belanda memiliki suhu cukup dingin ketika musim dingin. Lapisan paling luar sempat menyusut, dan permukaan pelindung solar cell sempat diperbaiki

SolaRoad pasang solar cell di jalan menghasilkan energi listrik 
diluar perkiraan